Jakarta (ANTARA) - Menjelang rangkaian laga pemungkas fase penyisihan grup Liga Champions pada Rabu (11/12) dan Kamis (12/12) dini hari WIB, sudah ada delapan tim yang memegang tiket kelolosan ke babak 16 besar.

Artinya, ada delapan tiket lagi yang diperebutkan tak kurang dari 15 tim dan harus diakui persaingan di Grup E-H yang bakal melangsungkan laga pemungkas pada Rabu (11/12) dini hari WIB jauh lebih ketat dibandingkan tim-tim Grup A-D yang berlangsung sehari berselang.

Baca juga: PSG rusak pesta kelolosan Real Madrid

Tiket babak 16 besar dari Grup A dan B sudah menjadi milik Paris Saint-Germain, Real Madrid, Bayern Muenchen dan Tottenham Hotspur. Persaingan di kedua grup itu hanya menyisakan perebutan tempat ketiga yang dihadiahi tiket ke babak gugur Liga Europa.

Sementara itu di Grup C, D, F dan G setidaknya satu tim sudah lolos dari masing-masing grup, yakni secara berurutan Manchester City, Juventus, Barcelona dan RB Leipzig.

Dengan demikian, Grup E yang dihuni juara bertahan Liverpool serta Grup H yang berisikan tim kejutan musim lalu Ajax serta jawara Liga Europa Chelsea, menjadi grup yang bakal menyedot perhatian.

Baca juga: Tottenham bangkit tundukkan Olympiakos menuju fase gugur

Berikut adalah skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar Liga Champions (berdasarkan grup dan posisi klasemen sementara):

Grup C

Tim yang sudah lolos: Man City juara grup

Tim yang masih berpeluang lolos: Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb & Atalanta

Man City sudah lolos dan dipastikan menjadi juara Grup C dengan koleksi 11 poin. Mereka kini menanti siapa yang bakal menjadi pendamping di antara Shakhtar, Dinamo maupun Atalanta.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Shakhtar lolos jika menang atas Atalanta apapun hasil laga lain. Shakhtar juga masih bisa lolos jika imbang bahkan kalah lawan melawan Atalanta asalkan di laga lain Dinamo tidak menang melawan Man City

- Dinamo hanya bisa lolos jika menang melawan Man City dan di laga lain Shakhtar imbang atau kalah melawan Atalanta

- Atalanta bakal menandai musim debutnya di Liga Champions dengan lolos ke babak 16 besar hanya jika menang atas Shakhtar dan di laga lain Dinamo tidak meraih tiga poin kontra Man City

Baca juga: Diimbangi Shakhtar, City lolos ke fase gugur sebagai juara Grup C

Baca juga: Atalanta raih kemenangan perdana di Liga Champions musim ini



Grup D

Tim yang sudah lolos: Juventus juara grup

Tim yang masih berpeluang lolos: Atletico Madrid & Bayer Leverkusen

Juventus sudah dipastikan lolos sebagai juara Grup D dan akan menunggu apakah Atletico atau Leverkusen yang bakal menjadi pendamping mereka.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Atletico lolos jika menang atas Lokomotiv Moskow, tak peduli hasil laga lain. Atletico juga bisa lolos dengan hasil apapun, selama Leverkusen gagal mengalahkan Juventus

- Leverkusen hanya bisa lolos jika mengalahkan Juventus dan di laga lain Atletico imbang atau kalah dari Lokomotiv

Baca juga: Leverkusen jaga asa ke fase gugur usai kalahkan Lokomotiv Moscow 2-0

Baca juga: Tendangan bebas Dybala antar Juventus tundukkan Atletico


Selanjutnya: Grup E dan F

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019