Jakarta (ANTARA) - Lokasi eks biliar Lantai IV Metro Atom Pasar Baru yang dijanjikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat kepada para pedagang kaki lima Senen sebagai tempat berdagang baru saat ini masih dalam tahap pembersihan.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Rabu, terlihat material bekas plafon-plafon yang menumpuk dan belum dibersihkan oleh petugas.

Ruangan yang berada di ujung Lantai IV Metro Atom Pasar Baru itu masih sepi dan gelap karena belum adanya pencahayaan yang dipasang di area itu.

Beberapa petugas yang menggunakan seragam PD Pasar Jaya mengecek saluran udara dan listrik di area yang diperkirakan cukup menampung 110 pedagang itu.

"Saya sih cuma cek saluran udara sama kabel sekarang. Kita baru bener-bener bisa beresin kalau plafon-plafonnya udah diangkutin," kata seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Petugas tersebut mengaku tumpukan plafon yang terlihat di depan tempat eks biliar itu hasil dari pembongkaran yang dilakukan oleh petugas gabungan Pemda Jakarta Pusat bersama pengurus Pasar Baru.

Baca juga: Dilarang jualan di trotoar, PKL Senen: relokasi harus di Pasar Senen
Baca juga: Dewan Kota sebut banyak PKL Senen berasal dari luar daerah


Pembina pedagang baju bekas di Lantai IV Metro Atom Pasar Baru, Wargiono juga mengatakan pembersihan tempat relokasi bagi para PKL Senen baru dilakukan dua hari terakhir.

"Baru mulai dibersihin kemarin sih, dua hari yang lalu, makanya masih numpuk," kata Wargiono.

Meski demikian, Wargiono optimistis bahwa lokasi yang dibersihkan tersebut akan selesai dalam waktu dekat dan dapat digunakan untuk berdagang oleh para PKL Senen sesegera mungkin.

"Kami para pedagang baju bekas di Lantai IV Metro Atom Pasar Baru menyambut baik teman- teman dari Senen. Sekarang sudah ada 145 pedagang, nanti ditambah 104 kalau benar, ya tentu akan semakin ramai pembeli," kata Wargiono.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan sejak awal Desember 2019 karena laporan masyarakat yang resah terhadap keberadaan mereka.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan  pihaknya sudah menyediakan lokasi lain agar para PKL Senen dapat berjualan dengan tertata di Pasar Metro Atom sejak terjadi penolakan terhadap Pasar Kenari yang sebelumnya menjadi rencana lokasi relokasi pedagang.

Namun hingga saat ini para PKL Senen masih tidak setuju dengan lokasi relokasi di Pasar Metro Atom Pasar Baru dan hanya menginginkan direlokasi tidak jauh dari tempatnya berjualan sebelumnya yaitu di pelataran Blok III Pasar Senen.
Baca juga: PKL Senen tak lagi bisa berdagang mulai Senin ini
Baca juga: Pemkot akan pindahkan PKL Senen ke Pasar Baru

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019