Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PPP Arsul Sani mengatakan salah satu agenda Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-V PPP adalah mematangkan persiapan partai tersebut menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung 2020.

"Mukernas ini membahas dua topik utama, pertama persiapan PPP dalam rangka Pilkada serentak 2020," kata Arsul di lokasi Mukernas PPP, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: PPP gelar Mukernas tentukan kepastian jadwal Muktamar

Baca juga: Muqowam minta Suharso rangkul semua tokoh PPP

Baca juga: Humprey dorong PPP islah hadapi Pemilu 2024


Dia mengatakan di 2020 ada 270 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, 261 diantaranya melaksanakan Pilkada kabupaten/kota.

"PPP punya kursi sekitar 190, ini yang nanti kami bahas," ujarnya.

Arsul mengatakan, Mukernas PPP juga akan menentukan jadwal Muktamar PPP, dan kalau berdasarkan siklus lima tahunan, maka pelaksanaannya paling lambat April 2020.

Menurut dia, apakah siklus lima tahunan itu mau dimajukan, apakah dilaksanakan sebelum atau setelah Pilkada.

"Ini apakah mau dimajukan, apakah sebelum atau setelah Pilkada, ini yang akan diputuskan di Mukernas," katanya.

Selain itu menurut dia, Mukernas tersebut juga mengundang PPP hasil Muktamar Jakarta seperti Ketum PPP Muktamar Jakarta Humphrey Djemat,
Sekjen PPP Muktamar Jakarta Sudarto, dan Akhmad Muqowam.

Dia mengatakan dalam Mukernas tersebut telah hadir Sudarto yang selama ini disebut Sekjen PPP Muktamar Jakarta, sehingga menjadi sinyal positif.

"Jadi ini sinyal positif datengnya Sudarto yang selama ini disebut sebagai Sekjen PPP muktamar Jakarta, Pak Humprey tidak tahu. Semua diundang, kalau tidak diundang maka tidak mungkin datang," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019