Perum Jamkrindo tanam ratusan pohon di kawasan Geopark Ciletuh

id Perum Jamkrindo ,Penanam Pohon ,Geopark Ciletuh Palabuhanratu ,Pemkab Sukabumi

Sejumlah pelajar dari Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jabar, saat menanam benih pohon keras pada acara penghijauan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang digagas Perum Jamkrindo yang berkolaborasi dengan Pemkab Sukabumi. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) melakukan penanaman ratusan pohon di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Pantai Palampang.

"Program pelestarian alam di Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan objek wisata bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan komunitas yang ada di wilayah geopark," kata Direktur Perum Jamkrindo Sulis Usdoko di Sukabumi, Minggu.

Menurut dia, penanaman pohon ini merupakan upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian, kawasan geopark untuk menjadi destinasi yang memberi nilai tambah, apalagi juga dilaksanakan kampanye antisampah plastik.

Selain itu, penghijauan di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas ini merupakan bagian upaya perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendukung pelestarian alam.

Pelaksanaan penanaman pohon dirangkai dengan program pembersihan sampah di Pantai Palangpang yang menjadi bagian program kampanye antisampah plastik. Adapun kampanye antisampah plastik ini merupakan upaya untuk membuat kawasan Geopark Ciletuh makin asri sehingga pengunjung bertambah dan perekonomian masyarakat meningkat.

Penanaman pohon dilakukan oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari masyarakat dan pelajar dari Kecamatan Ciemas serta komunitas penggerak pariwisata di kawasan geopark. Selain itu, juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dan pejabat Pemkab Sukabumi.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurrohim Rochmi menambahkan bahwa kehadiran Jamkrindo di objek wisata andalan Kabupaten Sukabumi bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Kontribusi Perum Jamkrindo dalam pelestarian alam merupakan cara mengedukasi dan kampanye antisampah plastik di masyarakat untuk menjaga lingkungan dari pencemaran khususnya polusi sampah plastik," tambahnya.

Selain penanaman pohon dan pembersihan sampah, Perum Jamkrindo juga menyediakan puluhan tempat sampah hasil daur ulang drum yang dipercantik menggunakan lukisan cat bekerja sama dengan komunitas setempat serta plang edukasi mengenai waktu urai sampah seperti sampah styrofoam yang tidak bisa terurai.

Tempat sampah tersebut diletakkan di beberapa titik seperti di Pantai Palangpang, Curug Sodong, Curug Cimarinjung dan Puncak Darma di Kecamatan Ciemas. Setelah melaksanakan kegiatan ini di Kecamaan Ciemas juga akan akan dilakukan di tujuh kecamatan lainnya yang berada di wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Baca juga: Perum Jamkrindo gelar Festival UMKM 2019

Baca juga: Perum Jamkrindo terus tingkatkan volume penjaminan


 

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar