Jakarta (ANTARA) - Pelatih klub Persebaya Aji Santoso berharap suporter Persija, The Jakmania memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, saat kedua kesebelasan bersua dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019, Selasa (17/12).

"Kalau bisa jangan ada kursi kosong. Terakhir kali Persija bertemu Persebaya di SUGBK adalah 10 tahun lalu. Pertandingan besok bakal seru," ujar Aji dalam konferensi pers sebelum laga kontra Persija di SUGBK, Jakarta, Senin.

Persija terakhir kali menjamu Persebaya di SUGBK tahun 2009 dalam laga Liga Super Indonesia. Saat itu, Persija menang dengan skor 4-3.

Menurut Aji, kedatangan puluhan ribu The Jakmania tidak akan membuat anak-anak asuhnya gentar.

"Para pemain saya justru akan menikmati suasana itu," tutur juru taktik yang dikontrak Persebaya sejak Oktober 2019 itu.

Terkait panasnya rivalitas para pendukung kedua tim, Aji menganggap hal itu wajar selama masih berada dalam koridor sportivitas.

Terakhir kali keributan antarsuporter kedua tim terjadi di Liga 1 Indonesia 2018, saat Persija, yang berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul, menjamu Persebaya.

"Tanpa rivalitas sepak bola mungkin tidak seru. Namun, jangan sampai itu merugikan pihak lain. Semoga laga besok berjalan dengan adil," tutur Aji.

Baca juga: Aji Santoso tak ingin Persija nodai catatan tanpa kekalahan Persebaya

Baca juga: Persebaya taklukkan Bhayangkara FC dengan skor 4-0


Sementara bek Persebaya Ruben Sanadi menegaskan bahwa di tataran pemain, tidak pernah ada masalah antara timnya dan Persija.

Untuk itu, dia pun berharap para pendukung mengikutinya.

"Semoga, di masa depan, semua suporter bisa bersatu," kata Ruben.

Puluhan ribu The Jakmania diprediksi datang ke SUGBK untuk melihat penampilan terakhir Persija di kandang pada Liga 1 2019.

Rumor pensiunnya penyerang gaek Persija Bambang Pamungkas usai Liga 1 2019 juga diprediksi menambah daya tarik laga tersebut.

Adapun pendukung Persebaya, Bonek, masih menjalani sanksi larangan menonton Persebaya langsung di stadion baik kandang maupun tandang sampai Liga 1 2019 selesai sebagai buntut dari kericuhan pada akhir Oktober 2019.

Pertandingan Persija versus Persebaya berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12) mulai pukul 18.30 WIB.

Saat ini, Persebaya menduduki peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan mengumpulkan 48 poin dari 32 pertandingan. Persebaya belum terkalahkan dalam tujuh laga pamungkasnya di Liga 1 2019.

Sementara Persija bertengger di posisi ke-12 klasemen setelah meraup 41 poin dari 32 laga. Dalam tiga laga terakhirnya di Liga 1 2019, Persija menang satu kali dan menelan dua kekalahan.

Baca juga: Ismed Sofyan dapat kembali membela Persija

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019