Jakarta (ANTARA) - Tim futsal Juventus Club Indonesia (JCI) Malang bakal mendapat kesempatan menimba ilmu dari tim profesional asal Jepang, Bardral Urayasu usai menjadi juara Supersoccer Euro Futsal Championship (EFC) 2019.

“Ini sarana yang positif banget. Apalagi kami bisa sampai ke Jepang dan berlatih dengan tim profesional di sana. Semoga ke depannya EFC akan terus ada,” kata kapten tim JCI Malang Muhammad Farhan dalam keterangan resminya, Selasa.

Farhan mengaku menyambut positif apa yang diraih dari kejuaraan bergengsi ini. Apalagi, dirinya bersama rekan satu timnya bakal mendapatkan kesempatan istimewa menerima coaching clinic (pelatihan) dan juga pertandingan ujicoba dengan Bardral Urayasu.

Baca juga: 12 tim bakal tampil di Grand Final Supersoccer Euro Futsal

Sesuai dengan rencana, pemenang Supersoccer Euro Futsal Championship 2019 bakal bertolak menuju Negeri Matahari Terbit ini pada Januari 2020.

Kepastian JCI Malang menjadi kampium kejuaraan antar suporter tim asal Eropa itu setelah pada laga final di Summarecon Mall Bekasi, Sabtu (14/12) menaklukkan Pena de Real Madrid Indonesia (PRMI) Jakarta melalui adu penalti dengan hasil akhir 3-2.

“Rasanya bangga banget berhasil juara. Apalagi dari awal lawan-lawannya juga enggak mudah, ini di final sampai harus adu penalti. Intinya kami bersyukur bisa juara dan pergi ke Jepang. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga,” kata pelatih JCI Malang, Krisdianto.

Sementara itu perwakilan Supesoccer, Aswin Hidayat menilai animo peserta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Supersoccer EFC setelah sebelumnya digelar pada 2017 dan 2018. Tahun ini, pemain yang terdaftar dan bertanding mencapai ribuan orang sejak babak awal yang berlangsung di 21 kota di Indonesia.

Baca juga: 12 tim bakal tampil di Grand Final Supersoccer Euro Futsal

“Antusiasnya luar biasa. Apalagi tahun ini yang paling ditunggu-tunggu adalah kesempatan berangkat ke Jepang untuk berlatih dan bertanding dengan Bardral Urayasu. Ini akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan, karena akan dilatih langsung oleh tim kepelatihan sebuah tim futsal profesional di Jepang,” kata Aswin.

Dengan jumlah peserta dan antusiasme yang terus meningkat, kata dia, tidak menutup kemungkinan di tahun mendatang Supersoccer EFC akan kembali digelar dan menyusuri lebih banyak kota-kota lainnya.

"Kami menjadikan ini sebagai wadah pemersatu fans club sepakbola Liga Eropa di Indonesia melalui olahraga futsal. Babak grand final ini menjadi puncak keseruan dari para fans club yang mampu unjuk gigi untuk menjadi yang terbaik lewat turnamen Euro Futsal Championship 2019,” katanya menambahkan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019