PBB, New York (ANTARA) - China dan Rusia pada Senin mengusulkan pada Dewan Keamanan PBB untuk mencabut larangan Korea Utara mengekspor patung, makanan laut dan tekstil, menurut rancangan resolusi yang dilihat oleh Reuters, dalam satu langkah yang oleh Rusia dikatakan bertujuan mendorong pembicaraan antara Washington dan Pyongyang.

Rancangan tersebut juga menyerukan agar mencabut larangan bagi warga Korea Utara yang bekerja di luar negeri dan penghentian persyaratan 2017 bagi semua pekerja tersebut untuk dipulangkan pada minggu depan. Draf tersebut juga akan membebaskan proyek-proyek kerja sama kereta api dan jalan antar- Korea dari sanksi-sanksi AS

Tidak segera jelas kapan atau apakah rancangan resolusi dapat diajukan ke pemungutan suara di Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang. Sebuah resolusi membutuhkan sembilan suara yang mendukung dan tidak ada veto oleh Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia atau China untuk lolos.

Baca juga: China harus netral jika Korut yang memulai perang

"Kami tidak terburu-buru," kata Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia kepada Reuters, menambahkan bahwa negosiasi dengan anggota dewan akan dimulai pada hari Selasa. Dia mengatakan sanksi yang mereka usulkan untuk dicabut "tidak terkait langsung dengan program nuklir Korea Utara, ini adalah masalah kemanusiaan."

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan sekarang bukan waktunya bagi Dewan Keamanan untuk mempertimbangkan mencabut sanksi terhadap Korea Utara karena negara itu "mengancam akan melakukan provokasi yang meningkat, menolak untuk bertemu untuk membahas denuklirisasi, dan terus mempertahankan dan memajukan senjata-senjatanya yang dilarang. program pemusnah massal dan rudal balistik. "

Sanksi terhadap industri yang diusulkan oleh Rusia dan China untuk dicabut menghasilkan ratusan juta dolar bagi Korea Utara dan diberlakukan pada 2016 dan 2017 untuk mencoba dan memotong dana untuk program nuklir dan rudal Pyongyang.

Juru bicara kementerian luar negeri China Geng Shuang mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa beberapa sanksi harus dicabut sehubungan dengan kepatuhan Korea Utara "dengan resolusi yang relevan".

"Kami berharap Dewan Keamanan akan berbicara dengan satu suara untuk mendukung resolusi politik," kata Geng dalam sebuah pengarahan rutin, menambahkan bahwa kebutuhan untuk penyelesaian situasi di semenanjung Korea menjadi lebih mendesak.

Baca juga: AS desak China dan Rusia untuk lebih kendalikan Korut

Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis telah bersikeras bahwa tidak ada sanksi PBB yang harus dicabut sampai Korea Utara menghentikan program-program misil nuklir dan balistiknya. Pyongyang telah dikenai sanksi PBB karena program-program tersebut sejak 2006.

"Di Korea Utara, seperti di masa lalu, sangat penting bahwa dewan mempertahankan persatuan," kata Duta Besar Jerman Christoph Heusgen, Senin.

Kekhawatiran tumbuh secara internasional bahwa Korea Utara dapat melanjutkan pengujian nuklir atau rudal jarak jauh - ditangguhkan sejak 2017 - karena pembicaraan denuklirisasi antara Pyongyang dan Washington telah terhenti.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump telah bertemu tiga kali sejak Juni 2018, tetapi tidak ada kemajuan menuju denuklirisasi telah dilakukan dan Kim telah memberikan Trump sampai akhir 2019 untuk menunjukkan fleksibilitas.

Utusan Korea Utara menyatakan bulan ini, bagaimanapun, bahwa denuklirisasi tidak diperhitungkan.

RATUSAN JUTAAN DOLAR

Pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan Trump tetap berkomitmen untuk membuat kemajuan menggunakan diplomasi.

Utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, mengakhiri kunjungan tiga hari ke Korea Selatan pada Selasa di mana ia berusaha menyelamatkan negosiasi tetapi tampaknya tidak mendapat tanggapan dari Pyongyang atas seruannya untuk membahas "semua masalah yang menarik."

Pada hari Senin, Biegun menjangkau langsung ke Utara, dengan mengatakan: "Sudah waktunya bagi kita untuk melakukan pekerjaan kita. Mari kita selesaikan ini. Kami di sini, dan Anda tahu bagaimana menghubungi kami."

Baca juga: AS desak Korut kembali ke meja perundingan

Duta Besar Rusia untuk PBB, Nebenzia mengatakan rancangan resolusi itu bertujuan mendorong pembicaraan antara Amerika Serikat dan Korea Utara. "Itulah seluruh gagasan, kami tidak melakukan resolusi ini meskipun, kami benar-benar ingin memfasilitasi," tambahnya.

Draf ini menyambut "kelanjutan dialog antara Amerika Serikat dan DPRK di semua tingkatan, yang bertujuan untuk membangun hubungan AS-DPRK yang baru, membangun rasa saling percaya dan bergabung dalam upaya membangun perdamaian abadi dan stabil di Semenanjung Korea secara bertahap dan bertahap. cara disinkronkan. "

DPRK adalah singkatan dari Republik Rakyat Demokratik Korea.

Ia juga menyebut perundingan enam negara antara Korea Utara, Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang untuk dilanjutkan atau peluncuran "konsultasi multilateral dalam format serupa lainnya, dengan tujuan memfasilitasi perdamaian dan solusi komprehensif melalui dialog. "

Rusia dan China telah lama mengatakan Dewan Keamanan harus memberi penghargaan kepada Pyongyang setelah Kim berjanji pada 2018 untuk bekerja menuju denuklirisasi.

Pada pertemuan dewan di Korea Utara pekan lalu - atas permintaan Amerika Serikat - Duta Besar China untuk Zhang Jun mengatakan, sanksi harus disesuaikan untuk "mencegah pembalikan dramatis".

Rancangan resolusi tersebut diedarkan ke Dewan Keamanan oleh Rusia dan China mengatakan sanksi akan diakhiri "dengan tujuan meningkatkan mata pencaharian penduduk sipil."

Pyongyang terkenal karena membuat patung-patung besar bergaya sosialis, yang diekspor terutama ke negara-negara Afrika. Beberapa analis memperkirakan bahwa Korea Utara telah menghasilkan puluhan juta dolar dengan menjual patung-patung semacam itu.

Itu juga menghasilkan jutaan dolar dari makanan laut. Seorang diplomat AS mengatakan pada 2017 bahwa Korea Utara diperkirakan akan memperoleh sekitar 295 juta dolar dari ekspor makanan laut tahun itu.

Tekstil adalah ekspor terbesar kedua Korea Utara setelah batubara dan mineral lainnya pada 2016, dengan total 752 juta dolar, menurut data dari Badan Promosi Perdagangan Investasi Korea (KOTRA). Hampir 80% ekspor tekstil pergi ke China, menurut data bea cukai China.

Upah pekerja yang dikirim ke luar negeri juga menyediakan mata uang asing untuk pemerintah Pyongyang. Seorang penyelidik HAM AS mengatakan pada 2015 bahwa Korea Utara memaksa lebih dari 50.000 orang bekerja di luar negeri, terutama di Rusia dan China, menghasilkan antara 1,2 miliar dolar dan 2,3 miliar dolar per tahun.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019