Cenderawasih serahan pesantren dititipkan ke Taman Satwa Cikembulan

id burung cenderawasih,satwa dilindungi,BKSDA Jawa Barat

Cenderawasih serahan pesantren dititipkan ke Taman Satwa Cikembulan

Perwakilan pesantren menyerahkan burung cenderawasih ke petugas BKSDA di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut, Jawa Barat (ANTARA) - Burung cenderawasih peliharaan santri Pondok Pesantren As Sa'adah di Limbangan yang diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Wilayah V Garut dititipkan ke Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora.

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Wilayah V Garut , Dodi Arisandi, burung cenderawasih yang secara sukarela diserahkan oleh pengurus pesantren pada Rabu (18/12) itu selanjutnya akan menjalani proses karantina.

"Nanti dirawat, kalau sudah siap akan dilepasliarkan," katanya.

Perwakilan dari Pesantren As Sa'adah, KH Amin Muhidin, menjelaskan bahwa burung cenderawasih itu merupakan pemberian dari teman di Kabupaten Ciamis dan sudah tiga tahun dipelihara oleh santri di pesantren.

"Setelah mengetahui ini dilindungi saya menghubungi Kapolsek Limbangan dan BKSDA untuk menyerahkan burung ini," katanya.

Pria yang biasa disapa Ceng Amin itu berharap burung cenderawasih tersebut selanjutnya bisa dikembalikan ke habitatnya di alam.

Dia juga mengimbau warga yang masih merawat satwa dilindungi menyerahkannya ke BKSDA. 

"Lebih baik diserahkan saja karena selama ini kan populasinya semakin berkurang," katanya.

Baca juga: Banyak Burung Cenderawasih "menari" di Hutan Warkesi Raja Ampat
 

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar