kita berbangsa ini harus setia kawan
Banjarbaru (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) harus dirayakan setiap hari karena dapat menguatkan bangsa dan negara.

"HKSN jangan hanya kita rayakan 20 Desember tapi setiap hari. Karena menguatkan kesejahteraan sosial, negara kita akan kuat," kata Mensos pada malam refleksi kesetiakawanan sosial di aula Idham Chalid di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Menurut dia, jika tidak kompak dan tidak setia kawan, maka negara tidak kuat. Berbagai kegiatan sosial dilakukan dalam rangkaian HKSN antara lain penyaluran barang bantuan berupa sembako, perlengkapan sekolah, perlengkapan ibadah, alat bantu kesehatan/disabilitas dan lain-lain, penyuluhan sosial.

Baca juga: Rp94 miliar disalurkan selama kegiatan HKSN 2019
Baca juga: 10 juta PKH dibantu tahun 2020, sebut Mensos


Selain itu juga kegiatan donor darah, pengobatan gratis bagi masyarakat, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, Pembangunan Sarana Lingkungan, Pemberian Hak Sipil (Akte Kelahiran dan Surat Nikah) dan lain sebagainya.

"Saya kira HKSN kita jadikan pengingat bahwa kita berbangsa ini harus setia kawan. Kita tidak bisa sendirian, harus bermanfaat bagi sekitar kita," tambah dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, yang paling penting adalah mentransformasikan kesetiakawanan sosial kepada generasi muda karena separuh dari populasi Indonesia adalah generasi muda.

Baca juga: Puncak HKSN 2019 di Kalsel bakal dihadiri ribuan tamu VVIP dan VIP
Baca juga: Semangat kesetiakawanan sosial harus digelorakan generasi milenial


"Separuh dari populasi kita milenial bagaimana mereka harus lebih hebat dari kita. Kalau mereka hebat pasti negara kita hebat," kata Juliari.

Presiden Joko Widodo berulang kali mengatakan fokus saat ini adalah meningkatkan SDM unggul.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk menjadikan HKSN sebagai momentum meningkatkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial agar terus mengalir ke seluruh penjuru Nusantara.

Baca juga: Mensos beri penghargaan kesetiakawanan sosial
Baca juga: Puan Maharani: Indonesia sejahtera jika bergotong royong

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019