PSSI berharap pada tuah Shin Tae-yong

id Shin Tae-yong,PSSI,Timnas Indonesia,Timnas Korea Selatan

Calon pelatih timnas sepak bola Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong (kanan). ANTARA/HO/PSSI

Jakarta (ANTARA) - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, dikabarkan tinggal selangkah lagi bakal menjadi arsitek tim nasional Indonesia senior mengisi pos yang ditinggalkan Simon Mcmenemy setelah PSSI memecatnya.

Jika nantinya menangani timnas Indonesia, tugas pertama Shin Tae-yong yakni harus mengembalikan mental para pemain setelah gagal total di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Indonesia masih memiliki tiga laga terakhir kala bertandang ke Thailand pada 26 Maret 2020, menjamu Uni Emirat Arab di SUGBK pada 31 Maret, dan melawat ke Vietnam pada 4 Juni 2020.

Baca juga: PSSI: penetapan Shin Tae-Yong latih timnas tinggal finalisasi

Kepastian Shin Tae-yong menjadi juru taktik dikonfirmasi langsung Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Butuh waktu satu pekan lagi menunggu kepastian Shin Tae-yong mendarat di Indonesia.

"Sedang finalisasi dalam satu pekan ke depan," kata Iriawan, Senin.

Shin Tae-Yong sebelumnya menjadi salah satu kandidat pelatih timnas Indonesia bersama pelatih berkewarganegaraan Spanyol Luis Milla. Belakangan muncul juga nama Indra Sjafrie yang bersedia jika dipercaya mengarsiteki timnas.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga telah memaparkan program-programnya jika terpilih sebagai pelatih timnas Indonesia kepada PSSI di Kuala Lumpur, Malaysia, 19 November lalu.

Ia juga sukses membawa Korea Selatan U-23 ke perempat final Olimpiade 2016 setelah menjadi juara grup di atas Jerman, Meksiko dan Fiji. Namun mereka harus terhenti di babak perempat final setelah kalah dari Honduras dengan skor tipis 1-0.

Baca juga: Luis Milla tak sanggupi garansi juara AFF 2020, beber Waketum PSSI

Pada 2017, Shin Tae-yong dipercaya menangani timnas Korea Selatan senior setelah sebelumnya menjadi asisten Uli Stielike. Saat diasuh Uli Stielike, Korea nyaris gagal total di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Menyisakan dua laga, Uli Stielike dipecat oleh federasi sepak bola Korea dan menunjuk Shin Tae-yong. Meski hanya meraih hasil imbang di dua laga tersebut, ia mampu membawa Korea lolos ke Piala Dunia 2018.

Tergabung di Grup F bersama Jerman, Swedia, dan Meksiko menjadi tantangan berat bagi Shin Tae-yong. Benar saja, Korea tak mampu berbicara banyak. Namun yang paling berkesan, Korea mampu menghajar Jerman dua gol tanpa balas.

Baca juga: Timnas butuh pelatih tangguh, PSSI jumpa Shin Tae-Yong di Kuala Lumpur

Berikut profil Shin Tae-yong:

Nama: Shin Tae-yong
Tempat/Tanggal lahir: Yeongdeok, Korsel/11 Oktober 1970
Umur: 49

Karier Sebagai Asisten Manajer
2005-2008 Brisbane Roar
2008-2010 Seongnam Ilhwa Chunma
2014-2017 Korea Selatan

Karier Sebagai Pelatih
2010-2012 Seongnam Ilhwa Chunma
2016-2017 Korea Selatan U23
2017 Korea Selatan U20
2017-2018 Korea Selatan


Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar