Jangan membawa penumpang yang diangkut kapal jumlahnya melebihi batas yang diizinkan
Jakarta (ANTARA) - Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno ingin berbagai pihak terkait dapat meningkatkan pengawasan transportasi laut pada masa periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, menyusul dengan masuknya musim hujan.

"Kondisi cuaca musim hujan dengan ombak tinggi, mengingatkan transportasi laut menjadi perhatian khusus," kata Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenhub targetkan transportasi laut lebih andal

Ia mengingatkan bahwa di sejumlah daerah seperti pelayaran menuju pulau-pulau terkecil di Maluku menjadi perjalanan panjang bagi warga setempat yang akan merayakan Natal di kampung halamannya.

Djoko yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia itu juga mengingatkan, penumpang kapal laut jangan memaksa awak kapal untuk tetap berlayar jika cuaca tidak memungkinkan.

"Jangan membawa penumpang yang diangkut kapal jumlahnya melebihi batas yang diizinkan," katanya.

Untuk itu, ujar dia, diperlukan ketegasan dari badan otoritas pelabuhan untuk mengijinkan kapal berlayar karena aspek keselamatan harus menjadi pertimbangan utama.

Di tempat terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama.

"Terciptanya keselamatan pelayaran bukan hanya milik regulator saja, tetapi juga tanggung jawab bersama termasuk operator kapal dan penumpang," ujarnya saat kampanye keselamatan pelayaran, yang digelar Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Surabaya bersama Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa.

Dalam kegiatan kampanye tersebut, IKA ITS menyumbangkan 1.400 jaket pelampung. Selain jaket pelampung, lanjut Sutopo, IKA ITS akan berkontribusi mendesain kapal rakyat, agar lebih terjamin keamanan pelayarannya.

Menhub mengapresiasi aksi peduli IKA ITS tersebut, sehingga dirinya berkenan hadir dalam kegiatan kampanye ini.

Ia berharap bantuan jaket pelampung IKA ITS semakin meningkatkan kesadaran pengguna jasa transportasi laut dengan lebih menaati peraturan keselamatan pelayaran.

"Terlebih lagi, saat libur Natal dan Tahun Baru ini, pengawasan keselamatan harus lebih ditingkatkan untuk menjamin terselenggaranya pelayaran yang aman, selamat, tertib, dan nyaman," ujar Budi Karya.

Baca juga: KNKT: Banyak rekomendasi kecelakaan kapal tak dijalankan
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019