Festival musik internasional di Indonesia sepanjang 2019

id Festival musik indonesia, festival musik, the 90s festival, hodgepodge, java jazz, gudfest, we the fest

Festival musik internasional di Indonesia sepanjang 2019

Grup musik Maliq & D’Essentials tampil menghibur penggemarnya pada Road to Soundrenaline di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019) malam. Sejumlah grup band tampil pada pergelaran musik tersebut yang merupakan rangkaian kegiatan menuju Soundrenaline di Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada 7-8 September 2019. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia pada tahun 2019 tak hanya kedatangan musisi mancanegara yang mengadakan konser tunggal. Berbagai festival musik dengan variasi genre hingga konsep pun ikut meramaikan geliat penggemar musik di Tanah Air.

Selain bervariasi, festival musik juga biasanya dihelat lebih dari satu hari dengan pengisi acara yang berbeda, bahkan membawa musisi genre tertentu yang cukup jarang, seperti indie-alternative.

Diawali dengan festival musik hutan LaLaLa Festival pada Februari, hingga dentuman keras dari Djakarta Warehouse Project (DWP) pada Desember, berikut daftar festival musik internasional di Indonesia sepanjang 2019.

LaLaLa Festival, 23 Februari 2019
LaLaLa Festival menjadi pembuka rangkaian festival musik di Indonesia. International Forest Music Festival itu dihelat pada 23 Februari 2019 di Orchid Forest Cikole, Bandung, Jawa Barat.

Festival musik outdoor tahunan mulai 2016 itu menampilkan Honne, Jeremy Passion, Crush, Sheila On 7, Fourtwnty, sampai Ardhito Pramono.

Baca juga: Tiket perdana Lalala Fest ludes meski "line up" belum diumumkan
Java Jazz, 1-3 Maret 2019
Pagelaran musik tahunan Java Jazz 2019 digelar selama 3 hari berturut-turut, yakni tanggal 1-3 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Java Jazz tahun ini diramaikan oleh musisi jazz kenamaan dalam maupun luar negeri. Beberapa musisi jazz mancanegara yang tampil antara lain H.E.R, Raveena, hingga band legendaris TOTO.

Penyanyi-penyanyi Indonesia seperti Afgan, Andien, Yura Yunita, Isyana Sarasvati, hingga Kahitna juga ikut meramaikan salah satu festival musik jazz tahunan terbesar di Indonesia itu.
 
Penampilan Band Toto asal Los Angeles dalam ajang BNI Java Jazz Festival 2019 di Jakarta, Minggu (3/3/2019).ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/ama

Baca juga: TOTO tutup pertunjukan istimewa Java Jazz 2019

Baca juga: Tinggalkan Java Jazz, Michael Manson ingin lagi rasakan macet Jakarta


We The Fest, 19-21 Juli 2019
Acara yang telah digelar sejak tahun 2014 ini bisa dibilang selalu dinantikan penikmat musik milenial Indonesia tiap tahunnya. We The Fest (WTF) menghadirkan musisi lokal dan internasional dengan variasi genre musik.

Tahun ini, WTF kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat selama tiga hari pada 19-22 Juli 2019. Sederet bintang tamu kekinian yang meramaikan festival tersebut antara lain Joji, Anne Marie, Alvvays, Cigarettes After Sex, dan Troye Sivan.
Hodgepodge Superfest, 31 Agustus-1 September 2019
Bulan selanjutnya, terdapat Hodgepodge Superfest yang digelar di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta pada 31 Agustus-1 September 2019.

Pagelaran musik ini bertemakan music, art, and technology, dan dimeriahkan oleh Prophets of Rage, Snow Partol, Phony Ppl, dan The Japanese. Hodgepodge juga menjadi panggung terakhir bagi trio GAC sebelum vakum demi mengejar karir solo masing-masing.
Grup musik Maliq & D'Essentials tampil di Road to Soundrenaline Surabaya, Kamis (22/8/2019) (Antara Jatim/Naufal Ammar)

Soundrenaline, 7-8 September 2019
Soundrenaline 2019 diadakan selama dua hari pada 7-8 September 2019 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Acara musik tahunan ini menampilkan band asal Inggris Suede dan Primal Scream, serta beberapa musisi lokal seperti RAN, Pamungkas, Steven n Coconuttrez, hingga Shaggy Dog.

Baca juga: Band Britpop 1990an Suede akan hadir di Soundrenalin 2019

Baca juga: "Soundrenalin" Ajang Kreativitas Musisi Indonesia


GUDFEST, 2-3 November 2019
Tahun pertama GUDFEST menampilkan sejumlah penyanyi dan grup internasional seperti New Hope Club, Fur, solois R&B asal Korea Selatan Zion T, dan grup K-pop iKON. Sementara penampil dari Indonesia antara lain Pamungkas, Club 80s, dan lainnya, di komplek Istora Senayan, Jakarta pada 2-3 November 2019.
SHVR, 6-7 September 2019
SHVR Ground Festival (SGF), festival musik bagi pecinta EDM, dihelat pada 6-7 September 2019 di ICE BSD, Tangerang. Sejumlah musisi internasional dan lokal meramaikan gelaran musik tersebut, di antaranya Afrojack, Cold Blue, Hailee Steinfeld, dan Jeremy Zucker.

The '90s Festival, 23-24 November 2019
Acara yang dihelat di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 23-24 November 2019 itu diisi oleh sejumlah musisi luar negeri yang populer bagi generasi 90-an. Ada Hanson, Aqua, Michael Learn To Rock, dan Vertical Horizon.

Sementara dari dalam negeri, deretan musisi yang populer di era 1990-an seperti Kla Project, God Bless, Naif, Potret, P Project, Iwa K, Arwana, Tipe-X, Dr PM, Gigi, sampai Sheila On 7.
MLTR saat tampil di The 90s Festival, Jakarta, Minggu (24/11/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)


Baca juga: Lagu sendu MLTR tuntaskan nostalgia penonton Festival 90an

Baca juga: Festival 90an, Vertical Horizon sapa penonton "Assalamualaikum"

Joyland Festival, 7-8 Desember 2019
Setelah absen beberapa tahun, festival musik Joyland kembali digelar tahun ini. Acara itu digelar di Lapangan Panahan, Senayan selama dua hari, yakni 7-8 Desember 2019. Anna of the North, Hatchie, Frankie Cosmos, dan Yves Tumor merupakan beberapa musikus mancanegara yang memeriahkan panggung Joyland Festival kali ini.

Selain itu, pengisi acara dari dalam negeri antara lainNaif, Eva Celia, Washed Out, Frankie Cosmos hingga The Adams.

Djakarta Warehouse Project, 13-15 Desember 2019
 
Suasana dari festival musik Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (15/12/2019). DWP 2019 menampilkan 69 musisi dari berbagai sub-gendre musik elektronik antara lain, Martin Garrix, Blasterjaxx, Bassjackers, Markus Schulz dan Yellow Claw. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.


Akhir tahun ini ditutup dengan festival musik EDM besar lainnya, Djakarta Warehouse Project (DWP) pada 13-15 Desember 2019.

Sejak perhelatan pertamanya pada 2008,DWP terus membawa sejumlah DJ yang tengah naik daun setiap tahunnya. Dan tahun ini, Martin Garrix, Disclosure, Skrillex, R3HAB, sampai Calvin Harris menjadi pengisi acara di festival itu.

Baca juga: Festival pencinta musik hip-hop pertemukan musisi Indonesia dan Korea

Baca juga: Tampil di DWP 2019, Calvin Harris obati rindu penggemar Indonesia

Baca juga: Martin Solvieg sebut Indonesia selalu ada dalam ingatannya

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar