Palembang (ANTARA) - Jembatan Ampera ditutup pada malam pergantian tahun 2020 di Kota Palembang guna menghindari penumpukan arus kendaraan dan masyarakat yang berkumpul.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Rizal, Selasa, mengatakan Jembatan Ampera ditutup mulai pukul 22.00 WIB, untuk alternatif warga dapat melintas ke Jembatan Musi II dan Musi IV.

"Ketika jembatan ditutup maka kendaraan dari luar tidak bisa masuk, tapi yang masih ada di jembatan bisa ke luar," ujar Agus.

Baca juga: Dinas Perhubungan DKI Jakarta tutup Jalan Thamrin-Bundaran HI

Dishub Kota Palembang menerjunkan 150 personel yang akan bergabung dengan tim pengamanan dari TNI-Polri untuk mengamankan lalu lintas selama malam pergantian tahun.

Selain Jembatan Ampera, pihaknya juga memprioritaskan pengamanan di Bundaran Air Mancur dan Benteng Kuto Besak karena diprediksi ribuan kendaraan warga akan memadati lokasi tersebut meskipun tidak ada pesta kembang api.

Pesta kembang api pada pergantian tahun 2020 dipusatkan di Komplek Olahraga Jakabaring karena Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel tidak menggelar pesta kembang api.

"Kami berharap masyarakat tetap tertib dan tidak berkegiatan yang dapat mengganggu lalu lintas," tegas Agus.

Sementara Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setiadji, mengatakan pihaknya menyiagakan 500 personel dan mendirikan 14 pos untuk pengamanan malam pergantian tahun di Kota Palembang, pos tersebar di pusat-pusat keramaian.

"Kami himbau masyarakat tidak konvoi kendaraan, menyalakan petasan apalagi kegiatan negatif lainnya," tambah Kombes Pol Anom.

Ia meminta masyarakat tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan manfaatkan momen pergantian tahun dengan berkumpul bersama keluarga serta memperbanyak doa.

Baca juga: Hoaks, peringatan tsunami di Bengkulu pada malam tahun baru 2020
Baca juga: Kakorlantas pimpin penutupan jalur Puncak jelang malam tahun baru

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019