Jakarta (ANTARA) - Hujan ringan hingga sedang yang mengguyur Jakarta sejak Selasa sore tidak menghalangi masyarakat ibu kota untuk merayakan tahun baru.

Perkiraan hujan akan mengguyur Jakarta pada malam tahun baru sudah disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sejak Selasa pagi.

Baca juga: Gubernur Anies sambut tahun baru di Bundaran HI

Prakirawan BMKG Jakarta memperkirakan malam tahun baru akan berawan hingga hujan sedang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Setelah hujan sedang pada malam hari, diperkirakan Jakarta pada dini hari setelah pergantian tahun akan berawan dengan kemungkinan hujan ringan di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

BMKG meminta masyarakat di Jakarta untuk mewaspadai kemungkinan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara pada sore dan malam hari.

Baca juga: Warga Jakarta antusias saksikan hiburan di Thamrin-Bundaran HI

Kendati hujan, pusat-pusat perayaan malam pergantian tahun di Jakarta tetap didatangi warga ibu kota dari berbagai penjuru.

Salah satu kawasan yang dipadati ratusan pengunjung adalah kawasan Silang Merdeka Barat Daya, Monas, Jakarta Pusat. Di area tersebut terdapat panggung pementasan sehingga menarik minat para pengunjung.

Keramaian juga terpantau di area parkir Monas yang menjadi salah satu tempat pengunjung datang dan pergi. Banyak dari pengunjung yang mengenakan jas hujan dan atau membawa payung untuk melindungi diri dari guyuran air hujan.

Panggung hiburan di Silang Merdeka Barat Daya Monas diisi dengan lagu-lagu dangdut oleh penyanyi ibu kota seperti "Lagi Syantik", "Entah Apa yang Merasukimu", "Juragan Empang", "Jaran Goyang" dan lainnya.

Baca juga: Meski diguyur hujan, panggung hiburan di Bundaran HI tetap meriah

Selain itu, sejumlah lagu Betawi juga dipentaskan di panggung perayaan tahun baru Monas.

Bundaran Hotel Indonesia yang dimeriahkan panggung hiburan juga dipadati pengunjung. Para artis tetap menghibur ribuan warga yang berdatangan.

Sejumlah artis yang mengisi panggung hiburan di Bundaran Hotel Indonesia antara lain Pantura Angels, Rhoma Irama, Wali, Joy Tobing, dan Erie Suzan dengan dipandu pembawa acara Chika Jessica dan Indra Bekti.

Sementara itu, anjungan provinsi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan kesenian dari masing-masing daerah. Di panggung Candi Bentar, manajemen TMII menampilkan pergelaran wayang kulit dengan lakon "Sang Anjani Putro" oleh dalang Ki Mantep Sudarsono.

"Kita tidak meninggalkan kesenian tradisi kita. Untuk acara di Panggung Candi Bentar diisi pergelaran wayang kulit dari dalang Ki Manteb Sudarsono," kata Ketua Pekan Desember Natal dan Tahun Baru TMII Dwi Atmodjo.

Baca juga: Kapolda Metro imbau masyarakat tidak konvoi kendaraan

Sementara itu, anjungan Jawa Timur menggelar wayang kulit dengan dalang Ki Putut, anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Ketoprak Mataram, dan anjungan Jawa Barat menggelar wayang golek.

Selain itu, TMII juga menggelar adu kesaktian antara pesulap Indonesia, seperti Limbad, melawan pesulap mancanegara. Salah satu pesulap mancanegara yang tampil adalah Space Cowboy.

Para pesulap beradu keahlian dan kesaktian, salah satunya melalui aksi menghentikan kipas angin yang terdiri dari pedang-pedang tajam dengan anggota-anggota tubuh yang akan dilakukan oleh Limbad.

Nikah Massal
Malam pergantian tahun juga dimeriahkan dengan acara nikah massal yang diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 633 pasangan mengikuti "Nikah Massal dan Itsbat Nikah Malam Pergantian 2020" di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendoakan keberkahan bagi para mempelai. Pernikahan massal tersebut diselenggarakan setiap penghujung dan awal tahun.

"Atas nama pemerintah DKI Jakarta saya ucapkan selamat semoga pernikahan ini menjadi babak baru mengantar keluarga dalam keberkahan Allah SWT," katanya.

Baca juga: 633 pasangan ikuti nikah massal di Balai Kota DKI

Dalam suasana hujan menjelang malam puncak pergantian tahun, dia menyebut air yang turun merupakan penanda keberkahan bagi hadirin.

Pada penyelenggaraan nikah massal yang ketiga itu, Anies mengatakan perhelatan tersebut merupakan bagian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan warganya mendapatkan kepastian hukum melalui pernikahan.

Menurut Anies, banyak warga Jakarta berusah memenuhi haknya mendapatkan status hukum.

"Kami harus memastikan warga mendapatkan status hukum. Pemprov DKI agar bisa memenuhi," katanya.

Transportasi
Untuk melayani masyarakat ibu kota yang ingin merayakan malam pergantian tahun, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah jumlah armada hingga 183 unit dan memanjangkan waktu operasional sampai 24 jam di hampir seluruh koridor dan beberapa rute wisata.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Nadia Diposanjoyo mengatakan penambahan armada dan petugas dilakukan khusus untuk layanan angkutan malam hari (AMARI) dan beberapa rute wisata.

"Unit armada Transjakarta yang biasa melayani di malam hari berjumlah 55 unit tersebar di 11 koridor BRT, khusus malam tahun baru kami tambah 128 unit menjadi 183 armada," ujar Nadia.

Baca juga: 183 armada Transjakarta seluruh koridor beroperasi 24 jam

Adapun jenis bus tambahan yang melayani di malam tahun baru adalah 38 Articulated Bus (AB) atau bus gandeng yang beroperasi di Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 5 (Kp Melay-Ancol), Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) dan Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit).

Lalu ada 10 bus maxi dan sisanya bus single yang disebar di seluruh koridor lainnya.

Selain itu, penambahan unit armada ini juga termasuk penambahan rute khusus wisata yang sebelumnya tidak melayani di malam hari.

"Seperti rute wisata 5H (Harmoni-Ancol) dan 2C (Balaikota-Jiexpo) khusus tanggal 31 Desember, akan dioperasikan selama 24 Jam," tutur Nadia.

Bukan hanya di rute tersebut, rute pengumpan khusus MRT, yakni S12 BSD (Giant)-Stasuin MRT Fatmawati dan S31 Bintaro (Exchange)-St MRT Fatmawati melayani sampai dengan pukul 03.00 WIB tanggal 1 Januari 2020 dengan delapan unit Royaltrans.

Baca juga: Upaya Pemprov DKI Jakarta mengatasi polusi udara

Demikian juga rute 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika yang disediakan 5 unit armada.

Selain itu, Transjakarta juga merencanakan pola operasi dan persiapan sterilisasi serta operasional jalur menjelang malam pergantian tahun ini.

"Bahkan malam ini direksi dan manajemen piket di beberapa lokasi tempat perayaan malam tahun baru di berbagai wilayah DKI untuk mengawal kelancaran layanan antarjemput warga yang ingin wira-wiri bersama keluarga merayakan malam tahun baru," tutur Nadia.

Pengamanan
Untuk mengamankan perayaan tahun baru, sedikitnya 191.807 personel gabungan diterjunkan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Argo Yuwono di Jakarta.

Personel yang diterjunkan tersebut beranggotakan kekuatan Polri, TNI, juga instansi terkait lainnya.

"Petugas akan mengawal jalannya pergantian tahun hingga tuntas, demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang berkegiatan," ungkap Argo.

Baca juga: Polda Metro Jaya petakan pengamanan Malam Tahun Baru

Argo mengatakan, berdasarkan pantauan awal melalui CCTV di seluruh Polda se-Indonesia, dapat dipastikannya, situasi hingga sejauh ini berjalan kondusif.

"Di beberapa wilayah, terpantau sedang hujan, sehingga masyarakat harus meningkatkan kehati-hatiannya," katanya.

Sementara di wilayah ibu kota, personel yang telah tersebar di sejumlah titik keramaian pun melaporkan situasi berlangsung kondusif.

"Baik di tempat hiburan semisal Ancol, lalu di Jalan MH Thamrin serta wilayah permukiman tempat masyarakat berkegiatan, semuanya masih terkendali situasinya," ucap Argo.

Khusus bagi masyarakat yang melewatkan pergantian tahun di pusat-pusat keramaian, Argo mengimbau untuk meningkatkan kehati-hatian.

Baca juga: Sudinhub Jaksel siagakan 64 personel untuk malam tahun baru

Terutama bagi yang membawa kendaraan pribadi, jangan sampai meninggalkan kunci tertinggal di kendaraan.

"Bahkan bila perlu, lengkapi dengan kunci ganda karena tempat-tempat parkir merupakan lokasi yang cukup rawan saat ada keramaian masyarakat," katanya.

Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020