Sejumlah kendaraan terseret arus kemudian tertumpuk di dekat akses masuk Komplek Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi
Jakarta (ANTARA) - Banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi mulai surut, tetapi warga belum bisa kembali ke rumah mereka karena sebagian akses jalan masih tergenang atau terhalang kendaraan yang "bertumpukan" di depan rumah mereka.

Dari pantauan ANTARA pada Kamis, ketinggian air di Perumahan Jatirasa sudah sangat menurun, meskipun di sejumlah titik masih terdapat genangan, terutama di tempat-tempat cekungan jalan kompleks. Warga pun umumnya belum menempati rumah mereka kembali, mereka menunggu air benar-benar surut.
 
Sejumlah kendaraan terseret arus kemudian tertumpuk di dekat akses masuk Komplek Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). (ANTARA/Sri Muryono)

Baca juga: BMW Astra sediakan layanan jemput kendaraan terkena banjir

Baca juga: Sejumlah pintu air di Jakarta sudah berstatus siaga empat


Jalan-jalan di Kompleks Pondok Gede Permai (PGP), yang merupakan lokasi banjir terparah sejak Rabu (1/1), juga masih tergenang.  Akses masuk Kompleks PGP  juga terhambat karena banyak kendaraan warga yang tertumpuk di dekat pintu masuk. Arus banjir yang deras telah menyeret mobil-mobil milik warga, lalu tertumpuk di depan pintu masuk perumahan.

Warga PGP belum banyak yang kembali ke rumah, bahkan mereka juga belum bisa membersihkan rumah-rumah mereka karena air bersih tidak tersedia dan listrik hingga saat ini masih dipadamkan oelh PLN. Pemadaman tetap dilakukan oleh PLN untuk menghindari risiko arus pendek.
 
Warga melihat sejumlah kendaraan terseret arus kemudian tertumpuk di dekat akses masuk Komplek Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). (ANTARA/Sri Muryono)

Hal yang sama juga terjadi di Vila Nusa Indah. Genangan dan lumpur masih terdapat di jalanan kompleks perumahan yang masuk wilayah Kabupaten Bogor itu. 

Aparat pemerintah bersama TNI dan Polri bekerja keras menangani persoalan tersebut dengan membuka posko untuk dapur umum maupun kesehatan. Aparat juga melakukan evakuasi terhadap warga yang bertahan di lantai dua rumahnya.

Sejumlah warga yang terdampak banjir berharap situasi segera membaik, walaupun saat ini mereka masih khawatir terjadi banjir susulan karena situasi Jakarta dan sekitarnya yang saat ini masih mendung.

Banjir di wilayah ini akibat meluapnya Kali Cikeas. Arus di kali ini masih deras dan menerabas pohon-pohon pisang yang banyak terdapat di daerah aliran sungai

Baca juga: Gubernur Jabar tinjau banjir Bekasi dan Bogor

Baca juga: Titik banjir terbanyak ada di Kota Bekasi

Pewarta: Sri Muryono
Editor: Teguh Priyanto
Copyright © ANTARA 2020