Gorontalo (ANTARA) - Longsor ringan terjadi di ruas jalan perlintasan Sulawesi bagian barat, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Kamis, tepatnya di Dusun Moniko, Desa Kikia, Kecamatan Sumalata.

"Kami membersihkan longsoran berupa material tanah juga bebatuan yang menutupi sebagian badan jalan di tikungan jalan Dusun Moniko yang memang rawan longsor," ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sumalata, Iptu Joko Lelono.

Tikungan Moniko kata dia, langganan longsor mengingat karakter struktur tanahnya bergerak, juga dipenuhi material bebatuan besar.

Hujan sejak Rabu (1/1) malam, menyebabkan longsor kembali terjadi di tikungan Moniko.

Baca juga: Longsor terjadi di Kaloran dan Pringsurat Temanggung
Baca juga: Banjir dan longsor landa dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi


Sekitar 30 orang, gabungan personel Polsek Sumalata dan masyarakat, bergotong royong membersihkan longsoran yang terjadi pada pukul 14.00 Wita.

Proses pembersihan rampung sekitar pukul 17.00 Wita, tambah Joko.

Pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian di wilayah barat tersebut, antaranya Polsek Anggrek dan Tolinggula, untuk memberi imbauan kepada masyarakat khususnya pengendara agar berhati-hati saat melintasi jalur tersebut.

Baca juga: Tiga meninggal akibat longsor di Depok
Baca juga: Banjir-longsor putuskan 12 jembatan di Lebak
Baca juga: Banjir dan tanah longsor melanda Pamekasan di awal 2020
Jajaran Polsek Sumalata dan warga Desa Kikia, melakukan pembersihan longsoran di jalur Moniko, perlintasan Sulawesi bagian barat Gorontalo Utara. (ANTARA/HO-Aspri)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020