AS tolak visa menlu Iran hadiri pertemuan DK PBB

id AS,tolak visa,Mohammad Javad Zarif,DK PBB

Tokoh AS dan Iran (Ant)

Washington (ANTARA) - Amerika Serikat menolak visa untuk Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, yang akan memungkinkannya menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York pada Kamis, demikian pejabat AS.

Pernyataan pada Senin oleh pejabat, yang berbicara tanpa menyebut  identitasnya, muncul saat ketegangan antara dua negara tersebut meningkat setelah Amerika Serikat menewaskan komandan militer terkemuka Iran, Qassem Soleimani, di Baghdad pada Jumat.

Menurut "kesepakatan markas besar" PBB 1947, Amerika Serikat secara umum diharuskan memberi akses kepada PBB untuk para diplomat asing. Namun Washington menyebutkan pihaknya dapat menolak visa demi alasan "keamanan, terorisme dan kebijakan asing".

Departemen Luar Negeri menolak berkomentar langsung. Wakil Iran untuk PBB mengatakan: "Kami telah melihat laporan media, namun kami belum menerima komunikasi resmi baik dari AS ataupun PBB mengenai visa Menteri Luar Negeri Zarif."

Baca juga: Iran berharap tak ada perang di kawasan pascaserangan militer AS
Baca juga: Menhan Esper: AS tidak tarik pasukan dari Irak


Juru bicara PBB Stephane Dujarric enggan mengomentari penolakan visa Zarif oleh AS.

Zarif berencana menghadiri pertemuan Dewan Keamanan pada Kamis mengenai topik penegakan Piagam PBB. Pertemuan itu dan juga perjalanan Zarif direncanakan sebelum situasi membara terbaru antara Washington dan Teheran.

Pertemuan Dewan Keamanan PBB akan memberikan Zarif sorotan global yang secara umum mengkritik AS terkait pembunuhan Soleimani.

Sumber: Reuters

 

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar