Benarkah gempa Lombok sebabkan "megathrust" Pulau Jawa dalam waktu dekat?

id gempa lombok, megathrust pulau jawa,hoaks gempa,gempa bumi,megathrust,gempa jawa,gempa jakarta

Pengunjung melintas di dekat bangunan rumah adat "Bale beleq" yang rusak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB, pada 12 Desember 2019. Objek wisata rumah adat "Bale beleq" yang rusak akibat gempa besar Lombok Agustus 2018 lalu hingga saat ini kondisinya masih terbengkalai dan belum diperbaiki kembali. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah pesan berantai tentang kemungkinan gempa besar (megathrust) di Pulau Jawa terutama Jakarta muncul di aplikasi percakapan WhatsApp. 

ANTARA, pada Selasa (7/1), mendapatkan sebuah pesan mengenai gempa yang terjadi di Lombok hingga tiga kali akan menyebabkan gempa hingga 8,9 SR di Jakarta dan meminta kewaspadaan warga akan bencana gempa bumi itu.

Pesan itu juga mencatut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprakirakan megathrust di Jakarta pada keesokan harinya.

Namun bukan hanya mencatut BMKG, pesan itu juga menyebut Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia tentang potensi gempa berkekuatan besar di lempeng Jawa dalam beberapa waktu ke depan.

Sebuah tautan berita dari media dalam jaringan (online) Warta Ekonomi juga terdapat dalam pesan itu, yaitu "Peneliti Asing Prediksi Indonesia Bisa Dilanda Gempa Maha Dahsyat Sampai 9,5 SR"

Berikut isi pesan yang tersebar tersebut di WhatsApp:

"Lombok dalam sehari ini sudah dilanda Gempa sebanyak 3x dengan kekuatan 6,5 - 6,0 - 7,0 SR jika Gempa berkelanjutan hingga besok maka perkiraan BMKG mengenai MEGATHRUST Pulau Jawa sangat mungkin terjadi khsusnya Jakarta yg diperkirakan besarnya mencapai 8,9SR.
Hati2...selalu waspada, siapkan surat2 dan segala yg penting dalam satu tas...bila terjadi gempa segera keluar dari bangunan kearah lapangan, kalau gak sempat lgsg diem dibawah meja..

Hari ini :
Gempa hawai 8.2
Gempa jepang di Fiji 8.2
Gempa jepang 6.4
Gempa Lombok 7.0
Smuanya hari ini..

Ring of Fire
Lempeng bergerak efek domino..muterrrrr seluruh penjuru dunia
 #TerusBerdoa!!!

Peneliti Asing Prediksi Indonesia Bisa Dilanda Gempa Maha Dahsyat Sampai 9,5 SR! https://m.wartaekonomi.co.id/berita150014/peneliti-asing-prediksi-indonesia-bisa-dilanda-gempa-maha-dahsyat-sampai-95-sr.html

Buat yg lg d pulau jawa atau ada keluarga di jawa.. 
PERBANYAK DO'A...TETAP WASPADA...

Lempeng Jawa Terus Bergerak, LIPI Ingatkan Potensi Gempa

LIPI mewaspadai akan terjadinya gempa dengan kekuatan skala besar khususnya di Pulau Jawa beberapa waktu ke depan. Hal ini  akibat meningkatnya aktifitas seismik dengan seringnya terjadi subduksi atau pergerakan lempeng selatan mulai dari Selat Sunda hingga timur Pulau Jawa.

Untuk Masyarakat di Kawasan Bandung Utara dan  Jakarta.
Waspadai gempa di wilayah Kawasan Bandung Utara dan Jakarta.
Kita tidak pernah mengetahui kapan terjadi pergeseran lempeng sesar Lembang dan sesar Cimandiri.

Siapkan di 1 tas besar sebaiknya ransel
1. Surat penting
- Senter dan Baterai Cadangan
- Alat masak darurat (kompor lapangan, misting/tranggia, tabung gas kecil dan lainnya
- Handuk dan peralatan mandi
- Pakaian dalam tissue basah.
- Sleeping bag/selimut
- Jaket dan masker
- Biskuit
- Gula Aren
- Penyuling air bersih dan  Galon ukuran 2 - liter air 
- Peralatan medis pribadi anak dan keluarga
- Peluit
-  Dan sebagainya yg dianggap penting

Simpan dalam 1 tas yang mudah di jangkau jika tiba - tiba terjadi gempa.
Siaga dan Waspada.
Latihlah anak batita dan balita dan para sahabat difabel cara menyelamatkan diri dari gempa dalam bentuk permainan dan simulasi secara berkala.

Mari simak infonya dari berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=giIoDeqv7Qo

Semoga kita sekeluarga selalu dalam lindungan Allah. Aamiin Yaa Robb ."


Namun, benarkah akan terjadi gempa berkekuatan besar akan mengguncang pulau Jawa dalam waktu dekat?
 
Tangkapan layar aplikasi percakapan Whatsapp mengenai gempa Lombok yang dapat mengakibatkan gempa megathrust di Pulau Jawa. (Whatsapp)


Penjelasan: 

Pesan berantai tersebut sempat beredar melalui aplikasi Whatsapp pada 2018. Pesan itu kembali muncul pada awal 2020 dalam platform yang sama.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Agustus 2018 juga telah memberikan klarifikasi atas pesan berantai yang mencatut nama lembaga itu. 

Menurut BMKG, informasi yang disampaikan pesan itu merupakan informasi menyesatkan karena pembuat pesan sengaja menggunakan nama BMKG, LIPI, dan juga tautan berita dari media daring nasional agar informasi yang dibagikan seolah-olah benar.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gempa Lombok tidak akan memicu gempa megathrust di selatan pulau Jawa karena gempa Lombok merupakan gempa dengan aktivitas berbeda dibanding gempa megathrust.

Gempa Lombok, menurut Dwikorita, dibangkitkan oleh patahan aktif. Sedangkan gempa megathrust dibangkitkan oleh aktivitas tumbukan lempeng di zona subduksi.

BMKG menyayangkan pesan tersebut dibuat sekan-akan sebagai ramalan gempa. Padahal hingga saat ini, belum ada teknologi untuk memprediksi gempa secara akurat baik mengenai waktu, tempat, dan kekuatan gempa. 

Indonesia, menurut Dwikorita, merupakan satu dari sedikit negara di dunia yang sepenuhnya terletak di dalam kawasan "cincin api" sehingga bencana bisa terjadi sewaktu-waktu.

Fakta itu perlu dipahami masyarakat Indonesia agar memiliki sikap kesiapsiagaan dan mitigasi.

Klaim : Gempa Lombok sebabkan megathrust Pulau Jawa dalam waktu dekat
Rating : Salah/Hoaks

Baca juga: BMKG upayakan deteksi dini 30 detik setelah gempa

Baca juga: Masyarakat di wilayah potensi gempa harus waspada, sebut Kepala BNPB

Baca juga: 11.573 gempa bumi guncang Indonesia sepanjang 2019

Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar