Beginilah kondisi kami,
Bogor (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Abdul Muhaimin Iskandar saat mengunjungi lokasi banjir di RT 13/RW 02 Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, semangati warga untuk bergotong-royong bersihkan selokan di bantaran kali Ciliwung.

Berdasarkan siaran pers dari DPP PKB di Jakarta, Selasa, menyebutkan, kehadiran Muhaimin Iskandar di Kampung Pulo disambut hangat warga setempat yang saat itu sedang membersihkan selokan yang tersumbat oleh sampah dan lumpur, pascabanjir.

Selamat datang di Kampung Pulo Pak. Beginilah kondisi kami. Kami berterimakasih, Bapak bersedia hadir di kampung kami, kata Ketua RT 13/RW 02, Umar.

Baca juga: Sejarawan: Perlu pendekatan kultur untuk tangani banjir Jakarta

Wakil Ketua DPR RI ini tampak terharu menyaksikan kondisi waga di lokasi yang terdampak banjir itu. Muhaimin pun mendengarkan keluh-kesah warga setempat, serta menyemangati warga untuk gotong royong membersihkan lingkungan.

Muhaimin mengajak Ketua RT setempat, Umar, menyusuri gang demi gang untuk melihat secara langsung rumah-rumah warga. Muhaimian juga bersalaman dan menyapa warga yang sedang membersihkan rumah mereka dari sampah dan lumpur pascabanjir.

Baca juga: Hampir seluruh jaringan telekomunikasi di Jabodetabek pulih

Sebelumnya, Tim Penanggulangan Bencana DPP PKB, Bambang Susanto mengatakan, proses pemulihan material sisa banjir di Kampung Pulo Jatinegara membutuhkan waktu cukup lama. Waktu pembersihan sampah dan lumpur, bisa saja tambah lama karena cuaca di Jakarta yang masih sering mendung, katanya.

Bambang yang juga wakil bendahara DPP PKB itu menambahkan, DPP PKB tetap membuka Posko Dapur Umum di Kampung Melayu dengan mengerahkan staff dan tenaga ahli Fraksi PKB DPR RI sebagai relawan. Saya minta seluruh relawan untuk mengoptimalkan peran membantu korban banjir di Kampung Pulo, ujar Bambang.

Baca juga: Kominfo salurkan bantuan untuk korban banjir Jabodetabek
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020