KPU-Polrestabes siap bekerja sama sukseskan Pilkada Medan 2020

id Kpu medan

Kapolrestabes Kota Medan Kombes. Pol. Jhonny Edison saat berkunjung ke Kantor KPU Medan. ANTARA/HO/pri.

Medan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dan Polrestabes Medan menyatakan kesiapan dalam bekerja sama menyukseskan Pilkada 2020 mendatang, segala potensi masalah harus diantisipasi sejak dini.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik, Senin, usai menerima kunjungan Kapolrestabes Kota Medan Kombes Pol Jhonny Edison.

Dalam kesempatan itu disampaikan perkembangan tahapan Pilkada 2020 yang sudah berlangsung dan yang akan berlangsung ke depannya.

Agussyah berharap kerja sama yang baik terbangun untuk mencapai tujuan suksesnya Pilkada Medan 2020 baik dari sisi partisipasi pemilih, pengawasan dan stabilitas.

Karena itu dalam setiap tahapan KPU Kota Medan akan selalu menggelar rapat koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait di Kota Medan.

“Sebetulnya kemarin kami berkirim surat untuk audiensi dan berkoordinasi ke Polrestabes Medan. Tapi ternyata Pak Kapolrestabes yang ingin langsung datang ke Kantor KPU Medan.Karena itu kami sangat mengapresiasi,” ujar Agussyah.

Agussyah menyampaikan KPU Kota Medan nantinya akan memiliki peta potensi kerawanan dari sisi penyelenggaraan kepemiluan yang perlu disandingkan dengan potensi masalah yang dimiliki Polrestabes Medan dari sisi keamanan. Untuk itu perlu ada kerjasama dan koordinasi yang baik.

Salah satu potensi kerawanan yang biasanya muncul adalah dari sisi pendataan pemilih. Karena hal ini terkait dengan tinggi rendahnya partisipasi pemilih. Migrasi pemilih dari luar Kota Medan masuk ke Kota Medan jelang pemilihan biasanya terjadi. Apalagi jika ada mobilisasi. Hal ini menjadi potensi masalah yang perlu diantisipasi bersama.

Kapolrestabes Kota Medan Kombes. Pol. Jhonny Edison Isir menyebutkan untuk dari sisi kepolisian sukses pilkada adalah bagaimana pemilihan bisa berlangsung aman dan damai.

Sedangkan dari sisi penyelenggara adalah tingkat partisipasi pemilih dan dari sisi pengawasan bagaimana meminimalisir kecurangan.

Ketiga hal tersebut tentu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dalam mewujudkannya.

Kapolrestabes Medan dalam kesempatan itu juga meminta gambaran umum potensi kerawanan dari sudut pandang penyelenggara. Agar dirinya juga dapat mengetahui langkah yang dapat dilakukan dari sisi keamanan.

Baca juga: KPU Medan tetapkan maskot dan jingle Pilkada 2020

Baca juga: KPU Medan sosialisasi syarat pendaftaran calon perseorangan

Baca juga: KPU Kabupaten Muna kunjungan kerja ke KPU Medan

Pewarta : Juraidi
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar