Landas pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menambah pelayanan kapasitas penerbangan pesawat menjadi 120 penerbangan per jam dimana sebelumnya hanya 81 penerbangan per jam dengan 2 landas pacu.
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, berhasil mempercepat pembangunan landas pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dari sebelumnya ditargetkan selesai Februari 2020 menjadi selesai pada Desember 2019.

Siaran pers PT PP (Persero) di Jakarta, Jumat,, menyebutkan proyek yang berlokasi di Tangerang, Banten, tersebut memiliki total kontrak sekitar Rp1,33 triliun.

Proyek pembangunan landas pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (23/1) ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti.

Dalam acara peresmian tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil, Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Perseroan diwakili oleh Lukman Hidayat selaku Direktur Utama didampingi oleh Direktur Operasi II M. Toha fauzi dan Agus Samuel Kana selaku SVP Corporate Secretary.

Baca juga: Kemarin, Jokowi resmikan "runway" 3 Soetta hingga BI tahan suku bunga

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara internasional terbesar dan tersibuk di Indonesia. Sebelumnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki dua landas pacu, yaitu landas pacu 1 berlokasi di selatan dan landas pacu 2 berlokasi di utara.

Pembangunan landas pacu 3 yang juga berlokasi di utara diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat di Bandara. Landas pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menambah pelayanan kapasitas penerbangan pesawat menjadi 120 penerbangan per jam dimana sebelumnya hanya 81 penerbangan per jam dengan 2 landas pacu.

“Pembangunan infrastruktur landas pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta turut mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor bandara udara serta industri penerbangan di Indonesia. Selain itu, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional,” ujar Lukman Hidayat, Direktur Utama Perseroan di sela-sela peresmian.

Proyek pembangunan landas pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimiliki oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dan memiliki masa pelaksanaan pekerjaan selama 21 (dua puluh satu) bulan terhitung sejak bulan Mei 2018.
Baca juga: PT PP ikut andil bangun kawasan pariwisata di Labuan Bajo

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020