Jakarta (ANTARA) - Tottenham kembali butuh menjadwalkan laga ulang untuk menentukan nasib mereka di Piala FA setelah main imbang 1-1 melawan Southampton dalam pertandingan putaran keempat di Stadion St. Mary's, Sabtu.

Giovani Lo Celso sempat melakukan selebrasi setelah tembakannya bersarang ke gawang Southampton pada menit ke-29, tetapi golnya dianulir sebab bola terlebih dulu mengenai rekannya sendiri Son Heung-min yang berdiri dalam posisi offside.

Baca juga: Tottenham jaga keunggulan cepat demi singkirkan Middlesbrough

Setelah peluang demi peluang dari kedua tim tak membuahkan hasil, Son menebus dosanya dengan tanpa cela menyelesaikan umpan kiriman Erik Lamela pada menit ke-58. Gol itu juga sempat melewati tinjauan VAR karena Bamidele Alli dianggap melanggar Danso terlebih dahulu, tetapi kemudian keunggulan Tottenham disahkan.

Sayangnya keunggulan itu gagal dijaga Tottenham, hanya tiga menit jelang waktu normal berakhir Serge Aurier dipecundangi oleh Pierre-Emile Hojbjerg yang kemudian mengirim umpan yang diteruskan Danny Ings dan diselesaikan oleh Sofiane Boufal menjadi gol penyama kedudukan.

Terdesak untuk mengurangi jadwal laga tambahan, Lo Celso berusaha melepaskan tendangan bebas jarak jauh yang berhasil melewati pagar hidup tapi bolanya tak menukik ke gawang. Skor 1-1 bertahan, memaksa Tottenham ganti menjamu Southampton di London dalam laga ulang pada Rabu (5/2) waktu setempat, demikian catatan laman resmi FA.

Ini jadi kali kedua Tottenham menjalani laga ulang setelah di putaran ketiga lalu mereka juga harus menjamu Middlesbrough untuk bisa lolos.

Baca juga: Watford dijungkalkan Tranmere dalam laga ulang putaran ketiga Piala FA

Tottenham dan Southampton tak sendirian, sebab hingga kini empat pertandingan putaran keempat Piala FA juga dijadwalkan digelar ulang.

Newcastle United juga gagal lolos memastikan nasibnya setelah main imbang nirgol kala menjamu tim kasta ketiga Oxford United.

Dua tim kasta kedua, Cardiff City dan Reading, juga akan menjalani laga ulang lantaran main imbang 1-1.

Sedangkan tim kasta kedua lainnya, Birmingham City, bakal bergantian menjadi tuan rumah untuk laga ulang kontra tim strata ketiga Coventry City, setelah main imbang nirgol.

Baca juga: Leicester lewati Brentford menuju putaran kelima Piala FA

Baca juga: Putaran keempat Piala FA: Man City jamu Fulham, Liverpool tunggu lawan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020