Tahun ini kami optimistis akan ada peningkatan untuk pendapatan dari group seiring dengan rencana penambahan armada di tahun ini
Jakarta (ANTARA) - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (“GMF”, “kode emiten: GMFI”) mengucurkan belanja modal sebesar 50 juta dolar AS pada tahun ini di mana salah satu targetnya adalah mengejar pertumbuhan laba bersih 10 persen hingga akhir 2020.

Direktur Utama GMFI Tazar Marta Kurniawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa mengatakan besaran belanja modal tersebut sebagian besar dialokasikan untuk ekspansi bisnis baik secara organik dan non-organik.

“Tahun ini kami optimistis akan ada peningkatan untuk pendapatan dari group seiring dengan rencana penambahan armada di tahun ini. Dari non Group, tahun ini kami menargetkan pekerjaan redelivery meningkat menjadi 35 proyek dari sebelumnya 14 proyek di tahun 2019,” katanya.

Ia menambahkan perseroan menargetkan pendapatan dapat tumbuh sekitar lima persen dengan pertumbuhan laba bersih sekitar 10 persen.

“Target kenaikan pendapatan di tahun ini akan diikuti langkah efisiensi seperti mengoptimalkan kapabilitas yang dimiliki dan juga memaksimalkan penggunaan Part Manufacturing Approval (PMA),” katanya.

Tazar yakin melalui efisiensi yang sejalan dengan ekspansi bisnis, GMFI optimistis dapat kembali memperkuat kiprahnya di dunia.

Target pendapatan tersebut seiring dengan ekspektasi peningkatan aktivitas penerbangan untuk group serta terus tumbuhnya perolehan pendapatan dari perawatan pesawat Non-Group.

“Pelanggan kami dari non-group terus meningkat, terkhusus maskapai penerbangan internasional, ini yang akan menjadi fokus kami ke depan”, katanya.

Dalam waktu dekat, perseroan juga akan menambah kapasitas operasional dengan menargetkan pengoptimalan hangar di Denpasar, Surabaya, dan Pondok Cabe.

“Penambahan ini untuk mengakomodasi kenaikan order di tahun ini mengingat kondisi utilitas hangar saat ini yang telah mencapai 100 persen,” ujar Tazar.

Sepanjang 2019, kinerja perseroan mendapat tantangan dari turunnya jam terbang pesawat domestik, termasuk yang dialami group sendiri, Garuda dan Citilink.

“Faktor perubahan finansial juga menjadi salah satunya, di mana tantangan yang dihadapi maskapai di seluruh penjuru dunia saat ini berujung pada pelanggan yang mengalami kesulitan bayar, yang mana hal tersebut juga berdampak bagi operasional GMFI,” ujar Tazar.

Selain itu, peningkatan proporsi bisnis mesin pesawat yang bersifat material intensive dan technology intensive juga berkontribusi terhadap kenaikan beban material dan subcontract.

Namun, di 2019 GMF berhasil menduduki posisi Top 9 Global Airframe MRO yang dianugerahi oleh Aviation Week dengan survei terhadap jam kerja, di mana GMF berhasil mencapai angka 3,2 juta manhour sold.

Baca juga: GMF miliki fasilitas pusat kendali perawatan baru
Baca juga: GMF tawarkan perawatan pesawat lebih murah dibandingkan MRO asing


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020