Jakarta (ANTARA) - Pengguna nama domain ".id" pada 2019 lalu naik drastis, sebesar 45 persen menjadi 135.812 nama dibandingkan tahun sebelumnya.

Bahkan, pengguna nama domain .id sekarang lebih banyak dibanding .co.id yang lebih dulu dipasarkan.

Pertumbuhan ini akibat tren pemakaian nama domain sebagai langkah yang tepat untuk fokus ke dunia digital.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2014, domain .id meningkat secara signifikan, kata Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Yudho Giri Sucahyo.

Menurut Yudho dalam siaran persnya, Rabu, saat ini nama domain mengalami pergeseran makna, menjadi sesuatu yang sangat penting dan bernilai.

"Dari hanya sebatas alamat internet yang menggantikan alamat IP, menjadi kewajiban untuk melindungi merek di dunia maya," katanya.

Baca juga: Pengguna domain my.id naik tajam

Baca juga: Dongkrak penggunaan domain .id, PANDI pasarkan domain baru my.id


Seiring dengan perkembangan teknologi yang dinamis, masyarakat lebih suka sesuatu yang serba instan dan singkat, termasuk nama domain Top Level Domain (TLD) dibandingkan SLD (Second Level Domain).

Karena, secara struktur, kata lebih pendek, sehingga lebih mudah diingat orang. Hal inilah yang menjadi alasan pertumbuhan pengguna domain .id semakin signifikan setiap tahun.

Alasan lain yang membuat meningkatnya domain .id adalah kemudahannya. Pendaftaran domain .id kini semakin mudah karena tidak lagi memerlukan unggahan dokumen.

Berdasarkan data PANDI, per April 2019, pengguna domain .id mencapai 111.059 nama. Jumlah itu menyalip jumlah pengguna domain co.id yang tercatat 110.111. Padahal pada bulan sebelumnya (Maret), jumlah nama domain .id masih tertinggal dibandingkan co.id.

Sejarah mencatat domain co.id hadir lebih dulu bahkan sebelum PANDI berdiri pada 2007, sedangkan .id baru lahir pada 2014.

Domain .id juga populer karena sangat cocok untuk pengguna baik di dalam negeri maupun luar negeri. Baik untuk kebutuhan personal, perusahaan, organisasi, dan lain-lain. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

"Domain .id bisa dibilang seksi karena merepresentasikan Indonesia, tapi juga bisa merepresentasikan ide, identitas, dan international domain," tambah Yudho.

Selain mengelola domain .id dan co.id, PANDI juga mengelola domain go.id, ac.id, net.id, sch.id, biz.id, desa.id, my.id, net.id, or.id, mil.id, web.id, dan ponpes.id.

Baca juga: Hindari pencatutan nama, PANDI serukan pemilik merek daftarkan nama domain .id

Baca juga: Domain .id capai pertumbuhan tertinggi di Asia Tenggara


Baca juga: Dinilai unik, domain .id layak dikembangkan di pasar internasional

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020