Bandara Jambi siap fasilitasi target kunjungan 20.000 wisman

id Bandara jambi,Angkasa pura

Atraksi barongsai meriahkan libur Imlek di Bandara Sultan Thaha Jambi, Sabtu (25/1/2020). ANTARA/HO-Humas PT Angkasa Pura II (Persero)

Jambi (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Sultan Thaha Jambi siap memfasilitasi kunjungan 20.000 wisatawan mancanegara yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jambi pada 2020.

"Pemprov Jambi pada 2020 ini menargetkan 20 ribu wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Jambi, pada intinya kami mendukung dan siap memfasilitasi mereka di bandara ini," kata Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi Muhamad Hendra Irawan di Jambi, Jumat.

Baca juga: Libur Natal dan tahun baru, penumpang pesawat di Jambi meningkat

Hendra menyebutkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan Pemprov Jambi serta pemerintah daerah lainnya di provinsi itu terkait layanan wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

"Meski tidak memiliki penerbangan langsung ke luar negeri, namun peluang itu ada dari rute penerbangan lain. Terlebih beberapa destinasi wisata di Jambi yang telah masuk ke dalam agenda dan paket sejumlah agen perjalanan," katanya.

Menurut Hendra, Jambi memiliki beberapa destinasi wisata unggulan salah satunya Candi Muara Jambi dan kawasan wisata Kerinci.

Selain itu, pertumbuhan investasi di Jambi yang positif dan didukung oleh faktor keamanan yang kondusif juga memungkinkan masuknya investor ke Jambi.

"Kami juga menyiapkan ruang-ruang di terminal keberangkatan maupun ketibaan untuk promosi wisata maupun produk-produk Jambi. Kami siapkan dan fasilitasi, termasuk juga menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjung dan kekinian," katanya.

Ia menyebutkan, pada 2019 pihaknya telah melakukan pembangunan, penambahan dan peningkatan infrastruktur bandara, salah satunya perluasan terminal keberangkatan dari kapasitas 1,6 juta menjadi 2,6 juta penumpang per tahun.

"Kapasitas terminal Bandara Jambi saat ini 2,6 juta penumpang per tahun, peningkatan juga dalam layanan dan beberapa infrastruktur lainnya kita tingkatkan," kata Hendra.

Ia mengakui, pada 2019 jumlah penumpang di bandara itu mengalami penurunan, namun ada peningkatan untuk layanan kargo.

"Memang tahun 2019 lalu ada penurunan penumpang, yang disebabkan faktor ekonomi dan lainnya. Namun pada 2020 ini kami optimistis ada kenaikan sekitar dua persen. Awal tahun ini sudah terlihat pada momen Imlek ada kenaikan penumpang sebesar dua persen," kata Hendra.

Baca juga: Barongsai meriahkan libur Imlek di Bandara Jambi

Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar