Cepat dongkrak ekonomi warga, pariwisata jadi andalan Sukabumi

id Pariwisata Sukabumi,Pemkab Sukabumi,geopark ciletuh,palabuhan ratu

Cepat dongkrak ekonomi warga, pariwisata jadi andalan Sukabumi

Asda II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Sukabumi Ahmad Riyadi. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi (ANTARA) - Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi Ahmad Riyadi mengatakan sektor pariwisata merupakan lokomotif perekonomian di wilayah itu.

"Pariwisata sangat berperan dalam percepatan peningkatan perekonomian warga yang didukung dengan sumber daya mumpuni mulai dari gunung, rimba, laut, pantai, sungai dan lain-lain," katanya di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu.

Menurutnya, sektor pariwisata ini sesuai dengan misi pertama Pemkab Sukabumi yakni mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan industri. Maka dari itu, pihaknya terus mendorong agar warga bisa memanfaatkan potensi destinasi wisata yang ada di kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini.

Pemerintah saat ini mempunyai banyak program dalam mengembangkan dunia pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi agar misi menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian warga dapat terwujud.

Apalagi setelah adanya rekomendasi dari United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco) bahwa Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu menjadi geopark dunia, tentunya ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar objek wisata.

Selain itu, dari 47 kecamatan hampir seluruhnya mempunyai destinasi wisata alam yang bisa dikembangkan sebagai sumber pendapatan masyarakat dan peran pemerintah adalah memberikan dukungan dengan menyediakan sarana dana prasarana serta akses menuju lokasi.

"Bupati Sukabumi Marwan Hamami sangat fokus dalam membenahi, menata dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi ini dan untuk pengelolaannya sepenuhnya diserahkan kepada warga atau berbasis masyarakat," tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi ini mengatakan jika potensi pariwisata yang ada tersebut dimanfaatkan secara penuh dan dikelola dengan baik, seperti objek wisata Pantai Pandawa yang berada di Kabupaten Badung, Bali, maka perekonomian warga cepat terdongkrak.

Baca juga: Pelaku usaha Geopark Ciletuh Sukabumi dapat pelatihan keuangan

Baca juga: Hingga Juni 2,5 juta wisatawan kunjungi Kabupaten Sukabumi


 

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar