Jakarta (ANTARA) - Quincy Promes mencetak gol semata wayang untuk mengantarkan Ajax mengatasi tamunya PSV Eindhoven dengan skor 1-0 di dalam laga pekan ke-21 Liga Belanda di Johan Crujff Arena, Amsterdam, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gol Quincy Promes itu membuat Ajax menjaga keunggulan tiga poin di puncak dari pesaing terdekatnya AZ Alkmaar yang terus menguntit di posisi kedua dengan torehan 47 poin.

Sementara bagi PSV, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi kelima dengan 36 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax terpeleset di kandang Groningen

Kendati tampil dominan sepanjang pertandingan, Ajax cuma bisa mencetak satu gol dari 28 percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Gol itu tercipta pada menit ke-35 ketika Donny van de Beek melakukan aksi individual menawan merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang dihalau barisan pertahanan PSV, tetapi bola liar mengarah ke hadapan Promes yang tinggal menyonteknya ke dalam gawang.

PSV hampir membuat kedudukan imbang lima menit jelang laga usai, sayang sepakan Sam Lammers dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Lars Unnerstall. Sepakan Unnerstal tersebut menjadi satu-satunya percobaan PSV yang mengarah ke gawang, sisanya tak menemui target.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Van de Beek hampir mengantarkan Ajax menggandakan keunggulan. Sepakan dari sudut sempit menyamping tipis dari gawang PSV.

Baca juga: 10 pemain PSV gagal pertahankan keunggulan atas Twente

Ajax terus membombardir lini pertahanan PSV, akan tetapi rapatnya lini belakang tim tamu membuat bola sering diblok. Hingga pertandingan usai skor tipis 1-0 tetap bertahan.


Willem menang, Fortuna hindari zona degradasi

Di laga lain, Willem II sukses mengamankan poin penuh kala bersua Heracles Almelo di Stadion Koning Willem II. Gol yang dibukukan Sebastian Holmen menjadi satu-satunya dalam pertandingan itu.

Meski menang, Willem tetap tak bergeming dari posisi ke empat dengan 40 poin atau sama dengan raihan Feyenoord yang menghuni posisi ketiga. Sementara bagi Heracles mereka tertahan di posisi 10 dengan 26 poin.

Baca juga: Ringkasan Liga Belanda: Vitesse ditahan klub penghuni zona degradasi

Sementara itu, Fortunna Sittard bisa bernafas lega karena untuk sementara bisa menjauhi zona degradasi. Menang 2-1 atas Heerenveen mengantarkan anak asuh Sjors Ultee itu naik ke posisi 13 dengan 23 poin atau terpaut tiga poin dari bibir zona merah.

Di laga lain, tim papan bawah VVV Venlo harus berbagi angka dengan FC Utrecht 1-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion De Koel.

Raihan satu poin ini harus membuat mereka tergeser oleh Zwolle dan kini menghuni bibir zona degradasi atau di posisi ke-16 dengan raihan 20 poin. Sementara Utrecht tertahan di posisi tujuh dengan 34 poin.

Baca juga: Feyenoord lumat Emmen tiga gol tanpa balas

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020