Jakarta (ANTARA) - Perguruan Besar Lembaga Karate-Do Indonesia (PB Lemkari) Anton Lesiangi bakal menggelar kejuaraan tingkat nasional (kejurnas) bertajuk Anton Lesiangi II memperebutkan Piala Paman Birin di Kiram Park, Kalimantan Selatan, 7-10 April.

Ketua Panitia Pelaksanaan Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi II Kombes Pol. Toetoes dalam keterangan resminya, Senin, memastikan perhelatan kedua kali ini dinilai akan lebih menarik dibanding edisi perdana di Bandung pada 8-10 November 2019.

"Saya diberikan amanah oleh Gubernur Kalsel Bapak Sahbirin Noor yang akrab dengan sebutan Paman Birin, beliau menyampaikan kepada saya untuk melanjutkan pemecahan rekor MURI yang sudah pernah dilakukan dan agar berkesinambungan," katanya.

Baca juga: PB Lemkari gelar kejurnas karate pertama di Bandung

Toetoes menceritakan sejalan dengan upaya melanjutkan sukses pemecahan rekor MURI, Lemkari Kalsel sudah melaksanakan kejuaraan provinsi Lemkari Paman Birin pada November 2019 lalu di Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

"Maka dari itu, pada 2020 ini, beliau ingin meningkatkan menjadi kejuaraan nasional. Melihat suksesnya penyelenggaraan Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi I di Bandung pada 2019, maka Gubernur meminta penyelenggaraan Kejurnas Anton Lesiangi II digelar di Kalimantan Selatan dan memperebutkan Piala Paman Birin," katanya Toetoes menambahkan.

Terkait pemilihan waktu pelaksanaan, Toetoes mengatakan jika hal tersebut disesuaikan dengan agenda Dinas Pendidikan, puasa, lebaran hingga Pilkada serentak 2020.

Selain kejuaraan, Toetoes menjelaskan jika di sela kejurnas juga akan dilakukan ujian DAN, pelatihan para pelatih, serta penataran wasit dan juri dari dewan wasit PB Forki dan acara puncaknya adalah Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi II itu sendiri.

Baca juga: Piala Anton Lesiangi luruskan sejarah PB Lemkari

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB Lemkari, Rosi Nurasjati menegaskan penyelenggaraan Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi II memperebutkan Piala Paman Birin merupakan wujud konkret dari kepengurusan PB Lemkari Anton Lesiangi untuk terus aktif melaksanakan pembinaan.

"Karena saya tidak alergi atau memilih-milih karateka-karateka yang berpartisipasi. Karena di dojo saya sendiri pun saya membina atlet-atlet yang bukan dari Lemkari saja. Jadi siapapun boleh datang dan berpartisipasi baik di dojo saya ataupun di event-event Lemkari Anton Lesiangi," kata Rosi.

Baca juga: Anggota PB Lemkari berikrar setia pada Anton Lesiangi

Baca juga: Tim karate Indonesia raih lima medali di kejuaraan internasional


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020