Palembang (ANTARA) - Tim voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan berhasil mengalahkan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-1 (22-25, 25-22, 25-20, 28-26) pada laga putaran pertama Proliga 2020 di GOR PSCC Palembang, Minggu.

Laga kedua tim berlangsung sengit dengan selisih poin sangat tipis, namun pada set pertama Bandung BJB Tandamata lebih dulu unggul 25-22 setelah smes pemain asingnya, Nicoleta Perevic tak mampu dihalau Jakarta PGN Popsivo.

Set kedua tak jauh berbeda dengan set pertama, kedua tim saling susul angka dengan selisih satu poin, meski banyak melakukan kesalahan servis namun beberapa pemain pengganti yang dimasukkan membuat Jakarta PGN Popsivo mampu mengalahkan Bandung BJB 25-22, skor 1-1.

Baca juga: Tumbangkan BNI, tim putri Pertamina Energi belum terkalahkan

Pada set ketiga permainan Bandung BJB yang diperkuat Aprilia Manganang tampak mulai 'grasa-grusu', hal itu dimanfaatkan pemain Jakarta PGN dengan melakukan bola-bola tipuan yang membuat Bandung BJB kerap gagal mengembalikan bola, Jakarta PGN pun membungkus kemenangan set ketiga 25-20, skor 2-1.

Tensi pertandingan meningkat pada set keempat, Bandung BJB terus mengungguli Jakarta PGN dan tampak akan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan, namun Jakarta PGN Popsivo terus menyusul poin hingga sempat seri 26-26, akhirnya satu bola tipuan di depan net berhasil memenangkan Jakarta PGN 28-26, skor 3-1 Bandung BJB dipaksa menerima kekalahan.

Pelatih Bandung BJB Tandamata, Risco Herlambang, mengakui anak asuhnya memang kurang tenang terutama dalam penerimaan bola saat unggul pada set keempat hingga timnya harus menelan kekalahan kedua selama putaran pertama.

Baca juga: Tim putra Jakarta BNI 46 tekuk Jakarta Garuda

"Komunikasi pemain juga agak kurang padahal harusnya set terakhir tadi bisa unggul, ini akan kami evaluasi lagi untuk putaran kedua," kata Risco usai pertandingan.

Sementara Pelatih Jakarta PGN Popsivo Polwan, Chamnan Dokmai, merasa senang karena meski set pertama kalah tetapi tiga set berikutnya berhasil dimenangi anak asuhnya.

"Tiga set terakhir saya minta tim benar-benar menjaga konsentrasi dengan rencana permainan yang sudah saya susun, penampilan Bandung BJB memang bagus tapi akhirnya kami masih lebih baik hari ini," ujar Chamnan.

Dengan hasil tersebut Jakarta PGN Popsivo Polwan berhasil menutup putaran pertama Proliga 2020 dengan kemenangan dan lebih memuluskan jalan tim asuhan Chamnan menuju final four.

Baca juga: Tumbangkan Samator, Pertamina juara putaran pertama Proliga 2020

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020