janji menteri adalah membangun ulang ruang kepala sekolah yang dibakar menjadi dua lantai, kata bupati.
Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, masih menunggu janji Mendikbud Muhadjir Effendy yang akan membangun sekolah bagi warga terdampak kerusuhan 23 September 2019.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengaku telah merintahkan staf dinas pendidikan setempat untuk mengawal janji menteri tersebut.

"Walau menterinya telah diganti namun saat itu ada staf yang ikut dalam rombongan dan mereka mengetahui janji itu," katanya.

Muhadjir Effendy yang kini menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pernah berjanji membangun ulang satu ruang kepala sekolah yang dibakar saat rusuh.

"Kalau perbaikan kaca-kaca yang pecah semuanya pemda sudah bantu. Untuk sekolah yang salah satu ruangannya terbakar kami masih menunggu janji pembangunan," katanya.

Wakil Kepala SMP YPPK Santo Thomas, Yohanes Bosco Huler mengatakan janji menteri adalah membangun ulang ruang kepala sekolah yang dibakar menjadi dua lantai.

Tiga hari setelah kedatangan menteri tanggal 15 Oktober 2019 untuk mengunjungi sekolah terdampak, seorang staf kementerian pendidikan sudah datang mengukur luas ruang kepala sekolah tersebut.

"Setelah kunjungan sampai hari ini pun kami belum dapat berita dari kementerian khususnya staf yang ditugaskan menindaklanjuti perintah menteri saat itu," katanya.

Berdasarkan pantauan Antara, pembangunan sejumlah rumah toko, rumah kios dan rumah warga yang terdampak kerusuhan sementara berjalan.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020