Dan seluruh masyarakat Papua harus bergembira karena menjadi pelaksana PON
Jayapura (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan berdasarkan kepada rangkaian kunjungan dia ke Papua, kemajuan dalam kesiapan provinsi ini menggelar Pekan Olah Raga Nasional  (PON) 2020 sudah sesuai rencana.

"Kami harus memastikan kesiapan dari penyelenggaraan baik tempat penginapan agar semua pada waktunya sudah bisa digunakan dengan baik. Apa yang kami dapat dari kunjungan kami baik di Mimika, Merauke dan Jayapura itu progress-nya berjalan sesuai dengan rencana," kata dia di sela kegiatan 'chef de Misision (CdM) Meeting I KONI se-Indonesia di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis malam.

Zainudin mengaku datang ke Papua dengan membawa pesan Presiden Joko Widodo bahwa PON 2020 harus sukses.

"Saat beberapa rapat terbatas, pesan Pak Presiden Jokowi agar PON di Papua sukses," kata dia kepada wartawan.

Presiden Jokowi juga meminta dukungan semua pihak demi terselenggaranya PON tersebut. "Dan seluruh masyarakat Papua harus bergembira karena menjadi pelaksana PON," kata Zainudin.

Baca juga: 13 Polda siap bantu pastikan keamanan Pilkada dan PON Papua

Zainudin menyatakan Jokowi telah meminta kabinetnya memberikan perhatian penuh kepada PON XX di Bumi Cenderawasih.

 "Kami juga diminta untuk persiapkan penyelenggaraan PON, baik TNI, Polri, pemerintah provinsi dan daerah untuk sukseskan PON," kata Zainudin.

Kamis sore, Zainudin dan rombongan meninjau sejumlah venue PON XX di Papua, antara lain Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Saya dan Ketum KONI Marciano Noorman beserta rombongan dari Jakarta melakukan kunjungan ke Papua untuk meninjau venue di Merauke, Mimika dan Jayapura, guna meninjau persiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX, baik venue maupun kesiapan lainnya," kata dia.

Dengan melihat langsung Zainudin bisa meyakinkan bahwa Papua siap menjadi tuan rumah PON XX.

Baca juga: Menpora temui Gubernur Papua bahas venue 10 cabor

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020