Jakarta (ANTARA) - Kandidat politik konservatif di Kota Daegu, Korea Selatan telah mengusulkan untuk membangun sebuah museum dan patung untuk sutradara Bong Joon Ho setelah empat kemenangan "Parasite" di Academy Awards 2020.

Dilaporkan Indie Wire, Minggu, kelompok tersebut juga menginginkan agar Daegu mengganti nama sebuah jalan di sana sebagai bentuk penghormatan sienas itu.

Baca juga: "Parasite" sabet empat piala Oscars dan daftar pemenang lainnya

Baca juga: Menang Oscar, "Parasite" akan tayang ulang di bioskop Amerika Utara


Bong sendiri lahir di Daegu pada tahun 1969 dan tinggal di sana sebelum keluarganya pindah ke Seoul ketika dia masih di sekolah dasar.

Usulan untuk mendirikan patung Bong Joon Ho dinilai sebagai semacam perubahan kecepatan bagi kaum konservatif dan hubungan mereka dengan pembuat film.

Oscar dinilai telah mengubah citra Bong menjadi seorang yang bersinar dan lebih disukai di antara peserta lain yang ada di sana.

"Parasite" memenangkan empat Academy Awards, termasuk Best Picture dan Best Director. Ini adalah Oscar pertama yang diberikan kepada film Korea Selatan dalam sejarah 92 tahun Academy Awards.

Park Yong-chan, juru bicara Partai Korea Selatan sayap kanan Korea Selatan, mengatakan kepada Times dalam sebuah pernyataan, "'Parasite' telah menulis sejarah baru. Ini adalah pencapaian monumental yang menyebarkan kekuatan film dan budaya Korea Selatan di seluruh dunia."

Sementara patung dan museum Bong hanyalah proposal untuk saat ini, satu hal yang pasti terjadi setelah kemenangan "Parasite" adalah Bong bergabung dengan The Criterion Collection di akhir tahun ini.

Baca juga: Warga Korsel rayakan kemenangan bersejarah film "Parasite" di Oscar

Baca juga: "Parasite" raih "Best Original Screenplay" di Oscar 2020

Baca juga: Mark Ruffalo disebut akan bintangi serial adaptasi "Parasite"


Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020