Faida-Vian tunda penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU

id faida-vian batal ke kpu,pilkada jember,kpu jember,tunda penyerahan berkas dukungan,calon perseorangan pilkada

Bakal calon bupati Jember yang juga petahana Faida bersama Vian menyampaikan kesiapannya untuk maju melalui jalur perseorangan dalam konferensi pers yang digelar di rumah Faida, Sabtu (22/2/2020) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bakal calon Bupati Jember yang juga petahana Faida -Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) menunda penyerahan berkas dukungan calon perseoarangan ke Kantor KPU Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Penyerahan dukungan tidak jadi dilakukan pada Sabtu ini karena masih banyak dukungan yang mengalir kepada Bu Faida dan mas Vian," kata juru bicara tim sukses Faida-Vian, Rulli Efendi di Jember

KPU Jember mendapat pengamanan yang ketat dari aparat kepolisian sejak Sabtu pagi untuk menerima penyerahan berkas dukungan Faida-Vian sesuai dengan pemberitahuan yang disampaikan tim suksesnya, bahkan ribuan relawan dan pendukungnya sudah berkumpul di depan rumah Faida bersiap untuk mengantarkan petahana menyerahkan berkas dukungan ke Kantor KPU Jember.

Baca juga: Bupati Jember pastikan maju Pilkada lewat jalur perseorangan

"Insya Allah penyerahan berkas dukungan Faida-Vian ke KPU Jember akan dilaksanakan pada hari terakhir batas penyerahan dukungan pasangan bakal calon kepala daerah yakni pada Minggu (23/2) pagi," ucapnya.

Sementara Komisioner KPU Jember Divisi Teknis Achmad Susanto mengatakan pihaknya mendapat pemberitahuan dari tim sukses Faida-Vian tentang penundaan jadwal penyerahan berkas dukungan karena ada berkas yang belum siap disampaikan.

"Tadi pagi sudah konfirmasi kepada KPU bahwa pasangan bakal calon perseorangan Faida-Vian sudah siap, namun setelah dipanggil penghubung resminya menyebutkan ada sedikit berkas yang belum selesai yakni form B1 yang merupakan berkas dukungannya tingkat kabupaten yang belum digandakan," tuturnya.

Menurutnya pasangan bakal calon perseorangan harus menyerahkan berkas dukungan yang digandakan yakni form rekapitulasi dukungan tingkat desa yang bermaterai, kemudian rekapitulasi dukungan tingkat kecamatan yang juga bermaterai, dan berkas dukungan tingkat kabupaten baik soft copy maupun hard copy.

"Yang jelas hari ini pasangan Faida-Vian belum siap menyerahkan berkas dukungan calon perseorangan dan rencananya pasangan tersebut akan menyerahkan dukungan pada Minggu (23/2) pagi pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Baca juga: KPU Jember targetkan partisipasi pemilih pilkada 72 persen

Berdasarkan informasi yang didapatkan KPU Jember, tim sukses Faida-Vian masih akan menambahkan jumlah dukungan dalam sistem informasi pencalonan (silon) dan ada berkas yang belum digandakan, sehingga petahana bersama Vian batal menyerahkan berkas dukungan pada Sabtu ini.

Sesuai tahapan, pasangan bakal calon perseorangan harus menyerahkan syarat minimal dukungan pada 19-23 Februari 2020, sehingga jadwal penyerahan syarat dukungan untuk calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada Jember diberikan waktu selama lima hari.

Kemudian kami juga akan melakukan pengecekan jumlah minimal dukungan dan sebaran untuk melakukan verifikasi apakah ada dukungan ganda atau tidak pada 19-26 Februari 2020.

Pantauan di lapangan, meskipun menunda penyerahan berkas dukungan ke Kantor KPU Jember, ribuan pendukung dan relawan Faida-Vian justru melakukan konvoi keliling kota.

Baca juga: BI Jember imbau warga waspadai peredaran uang palsu jelang pilkada

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar