kita harus menyelamatkan siapapun tanpa terkecuali
Bandar Lampung (ANTARA) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo menghimbau agar Provinsi Lampung dapat membentuk Baznas tanggap bencana, guna menanggulangi terjadinya bencana.

"Lampung merupakan daerah rawan bencana, dan ternyata belum memiliki Baznas tanggap bencana untuk mengantisipasi bila terjadi bencana, " ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, Provinsi Lampung perlu membentuk Baznas tanggap bencana, agar dapat dengan sigap membantu warga terdampak bencana.

Baca juga: Baznas jadikan Desa Tuva di Sigi kampung tanggap bencana
Baca juga: Bantuan kemanusiaan dikirimkan Baznas ke Papua


"Belajar dari situasi sebelumnya, saya berharap ini dapat di bentuk sebab melalui Baznas Lampung tanggap bencana diharapkan petugas dapat langsung sampai ke daerah terdampak secepat mungkin untuk membantu masyarakat, sebab kecepatan sangat penting saat situasi darurat," katanya.

Ia mengatakan, melalui pembentukan Baznas tanggap bencana, Baznas dapat secara langsung bermanfaat bagi masyarakat.

"Lampung sangat memerlukan Baznas tanggap bencana, sebab butuh penanganan yang cekatan dalam membantu daerah terdampak, serta zakat yang terkumpul dapat langsung bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, " katanya.

Baca juga: Askrindo-Baznas bangun masjid dan huntap untuk korban bencana Sigi
Baca juga: UNDP-BAZNAS bantu bangun ketahanan ekonomi korban bencana Sigi


Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan Baznas tanggap bencana, semua warga terdampak akan memperoleh bantuan secara cepat dan tidak ada pembedaan.

"Tidak ada pembedaan latar belakang agama, sebab dalam situasi bencana kita harus menyelamatkan siapapun tanpa terkecuali, dan kita harus membantu semuanya, " katanya.

Baca juga: Baznas kembangkan Kampung Tanggap Bencana di Banten
Baca juga: Askrindo-Baznas salurkan Rp2,4 miliar untuk pemulihan bencana Sulteng

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020