Jakarta (ANTARA) - Sutradara "Parasite" (2019) sekaligus sutradara terbaik Academy Awards 2020 Bong Joon Ho rupanya memiliki sejumlah film favorit yang dapat menjadi rekomendasi para pencinta film.

Dilansir Indie Wire, Jumat, Bong menyebutkan sejumlah film independen yang menurutnya mampu memberikan warna baru di dunia perfilman dekade ini.

"Visual dari film 'Midsommar' yang dibuat Ari Aster sangat menginspirasi. Lautan hitam pekat yang memenuhi tatapan 'Asako I & II', keindahan cahaya hitam-putih 'Lighthouse', sampai keajaiban sinematik yang mencengangkan di 'Happy as Lazzaro'," kata Bong.

Selain mengungkapkan daftar film favoritnya saat ini, sutradara asal Korea Selatan itu juga membagikan daftar nama sutradara yang menurutnya memiliki film yang menggugah emosi penonton.

Termasuk dalam daftar Bong adalah master horor kontemporer seperti Jordan Peele, Jennifer Kent, Robert Eggers, dan Ari Aster.

Ada pula pembuat film dokumenter seperti Kirsten Johnson, dan pembuat film fitur Alma Har'el dan Mati Diop.

"Saya tidak ingin memanggil para sutradara ini untuk mendiskusikan masa depan sinema. Saya hanya ingin mendiskusikan film-film yang telah mereka buat. Namun pada akhirnya, mereka memang menyangkut masa depan sinema itu sendiri," kata dia.

"Tahun ini adalah tahun 2020, tahunnya film fiksi ilmiah itu sendiri," Bong menulis dalam pengantar.

"Saya tidak menyebut 20 sutradara ini untuk mendiskusikan masa depan sinema. Saya hanya ingin mendiskusikan film-film yang telah mereka buat. Namun pada akhirnya, itu menyangkut masa depan sinema itu sendiri," pungkasnya.


Baca juga: Terinspirasi "Parasite", Pemkot Seoul akan perbaiki rumah rubanah

Baca juga: Ini daftar film-film Marvel fase 4 setelah "Avengers: Endgame"

Baca juga: Universal Pictures hapus "Cats" dari daftar kampanye Oscar


Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020