Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pengelola jasa lounge bandara,
Taurus Gemilang Group (TG Group) menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk mengembangkan popularitas merek dan produk lokal.

"Sebagai salah satu master concessionaire dan lounge operator di Indonesia, Taurus Gemilang Group sangat bangga, dan ingin selalu menjadi yang terdepan mendukung penuh produk lokal serta pengusaha UMKM sebagai mitra kerja, untuk bersama-sama membuat Indonesia maju dan bangga dengan produknya sendiri," kata CEO PT Taurus Gemilang Budi Purnomo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Salah satu kerja sama yang dilakukannya adalah menggandeng pemilik rumah makan ‘Made’s Warung’ Bali, masuk ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, di bawah bendera Taurus Gemilang Group.

Bahkan rencananya, warung makan yang berawal dari pinggir jalan itu bakal masuk ke salah satu mall besar di Jakarta pada awal April 2020.

Sebelumnya, Taurus Gemilang Group juga telah menggandeng UMKM lainnya masuk bandara. Ketika tender area komersial di Terminal 3 Soekarno Hatta pada 2016, pihaknya mengajak sekitar 12 UMKM Pasar Santa Blok untuk bekerja sama.

"Mereka dikumpulkan ke dalam sebuah area bernama ‘Kulinari Food Market’, di lantai mezzanine, Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno Hatta," kata Budi.

Di lokasi lain, pihaknya juga membawa brand-brand lokal, di antaranya Liberica, Anomali, Warung Koffie Batavia, Waroeng Kita.

"Jajanan bandara itu merupakan brand-brand lokal yang memiliki bahan baku lokal dan diproduksi secara lokal," ujar Budi.

Bahkan belum lama ini, Taurus Gemilang Group juga bekerja sama dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, membuat Gofood Festival.

"Ada sekitar 11 brand UMKM yang ikut memeriahkan Gofood Festival’, berlokasi di tempat yang sama, di lantai mezzanine, Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno Hatta," lanjutnya.

Budi berharap usaha yang berawal dari fasilitas airport lounge hasil kerja sama dengan Garuda Indonesia di 1989 lalu itu kini telah melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai bandara di Indonesia, di antaranya, Bandara Juanda - Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, Bandara Soekarno Hatta - Jakarta, Sultan Mahmud Badaruddin - Palembang, Sultan Syarif Kasim II - Pekanbaru, Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Balikpapan, dan Sultan Hasanuddin - Makassar.



Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020