Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu  sedang mempersiapkan pelantikan 56 kepala desa yang terpilih dalam pilkades serentak pada 20 Februari lalu.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya, dan Pemerintahan Desa DPMD Rejang Lebong Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pelantikan kepala desa yang terpilih dalam pilkades gelombang ketiga itu akan dilaksanakan di GOR Curup.

"Kepala desa yang terpilih ini akan segera dilakukan pelantikan, saat ini kami masih menunggu penerbitan SK Bupati Rejang Lebong tentang pengangkatan kepala desa terpilih turun dari meja bupati," katanya.

Pada proses pelantikan kepala desa terpilih itu, tambah dia, selain akan ada SK pengangkatan untuk kepala desa terpilih, juga akan ada SK pemberhentian yang diberikan kepada pejabat sementara kepala desa di 56 desa tersebut.

Selain masih menunggu penerbitan SK bupati setempat, pihaknya juga masih mempersiapkan tanggal pelantikan mengingat lokasi yang akan dijadikan tempat pelantikan, yakni GOR Curup, masih digunakan oleh OPD lainnya hingga 10 Maret mendatang, sedangkan untuk gedung lain kapasitasnya terbatas.

Dengan selesainya pilkades gelombang ketiga di daerah itu, kata dia, proses pilkades untuk 122 desa di Rejang Lebong baru akan dilaksanakan kembali untuk gelombang pertama pada 2022 untuk 61 desa.

"Alhamdulilah pelaksanaan pilkades serentak dalam 56 desa di Rejang Lebong tahun 2020 berjalan lancar dan kondusif, hal ini tidak terlepas dari dukungan aparat keamanan TNI/Polri serta dukungan masyarakat Rejang Lebong," kata dia.

Baca juga: Warga Selopampang Temanggung minta pilkades diulang
Baca juga: Pilkades 12 kampung di Wondama menuai gugatan
Baca juga: Tiga warga terluka akibat kericuhan pilkades di Lumajang

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020