BUMN yang memiliki layanan rumah sakit, agar menyediakan crisis centre.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menginstruksikan rumah sakit BUMN untuk menyediakan pusat krisis (crisis center) dan ruang isolasi untuk mewaspadai wabah virus corona yang telah masuk ke Indonesia.

"BUMN yang memiliki layanan rumah sakit, agar menyediakan crisis centre," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Menteri BUMN juga memerintahkan rumah sakit BUMN untuk menyediakan ruang isolasi selama wabah virus corona masih terjadi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah bangun rumah sakit khusus di Pulau Galang

Berkenaan dengan perkembangan situasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di beberapa negara di dunia dan memperhatikan pernyataan World Health Organization (WHO) bahwa kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap COVID-19 perlu menjadi perhatian organisasi terhadap kesehatan seluruh pegawai, serta arahan dari Presiden Republik Indonesia bahwa Pemerintah serius melindungi masyarakat dalam penanganan wabah COVID-19, Kementerian BUMN sebagai institusi terkait perlu menetapkan surat edaran kepada seluruh BUMN sebagai bentuk kewaspadaan dan upaya melindungi pegawai, serta juga masyarakat terhadap penanganan wabah COVID-19.

Surat Edaran Nomor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan Terhadap Penyebaran CoronaVirus Diseasr 2019 (COVID-19) diterbitkan dan ditandatangani oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu (3/3).

Sebelumnya PT Pertamedika IHC mengungkapkan rumah sakit BUMN berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia dalam rangka menghadapi wabah atau penyebaran virus corona.

Direktur Utama Pertamedika IHC, Dr dr Fathema Djan R mengatakan bahwa penyebaran virus ini begitu cepat, sehingga rumah sakit BUMN perlu mengambil langkah dengan tetap berhati-hati dan selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan yang ada.

Wabah Novel Corona Virus di Tiongkok yang kemudian menyebar ke banyak negara di dunia, telah menjadi perhatian WHO dan Kementerian Kesehatan seluruh dunia.

Baca juga: Tangani COVID-19, pemerintah siapkan 32 rumah sakit rujukan lagi

Indonesia Healthcare Corporation (IHC) merupakan Holding Rumah Sakit BUMN yang dibentuk pada 22 Maret 2017.

Dengan penunjukan Pertamedika sebagai operatornya, IHC bersinergi dengan seluruh anggota yang terdiri dari 65 rumah sakit BUMN yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020