Jakarta (ANTARA) - Roberto Damiani, seorang manajer sebuah tim balap sepeda profesional Prancis, Cofidis, mengancam akan melakukan mogok makan jika tak segera diizinkan meninggalkan sebuah hotel di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang dikarantina karena pencegahan wabah virus corona.

Dilansir Reuters, Selasa, Damiani mengaku ia beserta 18 pebalap sepeda profesional termasuk dalam 50 tamu hotel Crowne Plaza sejak Kamis (27/2) pekan lalu yang dilarang meninggalkan hotel kendati sudah menjalani pemeriksaan dan hasilnya negatif dari virus corona.

Baca juga: Tour UEA dibatalkan setelah pebalap Italia terinfeksi corona

Hotel Crowne Plaza dan W di Pulau Yas dikarantina oleh pemerintah UEA menyusul temuan bahwa dua pebalap asal Italia yang mengikuti balap sepeda UAE Tour dinyatakan sebagai suspect virus corona.

Departemen kesehatan setempat lantas pada Jumat (28/2) menyatakan 167 orang yang terisolasi di pulau tersebut sudah diperiksa dan hasilnya negatif.

Mantan jawara Tour de France Chris Fromme dan rekan-rekannya di Team Ineos merupakan sebagian orang yang sudah dipersilakan meninggalkan hotel dan pulang ke rumahnya masing-masing.

"Kami sudah menjalani pemeriksaan kedua pada Minggu (1/3) dan menerima hasilnya sehari kemudian, semuanya negatif," kata Damiani.

"Saya harap saya tidak harus mulai melakukannya (mogok makan)... Kami menghargai hukum negara ini, tetapi mereka juga seharusnya melakukan hal yang sama," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Negatif virus corona, Froome dan sejumlah pebalap boleh tinggalkan UEA

Pemerintah UEA hingga saat ini belum menanggapi permintaan komentar mengenai kelanjutan karantina dan keluhan pengunjung hotel.

Salah seorang anggota tim Cofidis mengungkapkan bahwa tamu lantai empat hotel Crowne Plaza, termasuk tim balap sepeda Groupama-FDJ asal Prancis, Gazprom (Rusia) dan sejumlah turis lain masih diperintahkan untuk bertahan di sana.

Bahkan pada Sabtu (29/2) sebuah pesan diselipkan dari celah pintu berupa perintah untuk tetap bertahan di ruangan masing-masing dan larangan mengunjungi bagian hotel yang lain.

Hotel Crowne Plaza dan W didiami 140 pebalap sepeda profesional yang terlibat dalam UAE Tour, yang dua etape akhirnya dibatalkan karena wabah corona.

Baca juga: Virus corona paksa ATP ubah kalender turnamen Challenger
Baca juga: Cegah penyebaran corona, PBSI ketatkan pengawasan di Pelatnas Cipayung

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020