Kerugian saham Aussie berlanjut, perusahaan biomedis jadi top ASX

id saham Australia,indeks S&P/ASX 200

Ilustrasi. Logo Commonwealth Bank of Australia (CBA) . REUTERS/David Gray/Arsip Foto. (Reuters)

Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia terus menumpuk kerugian besar pada perdagangan Rabu, ketika perusahaan biomedis CSL mengambil alih posisi Commonwealth Bank sebagai perusahaan terbesar di negara itu.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 110,30 poin atau 1,71 persen menjadi 6.325,40 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 113,10 poin atau 1,74 persen menjadi 6.398,50 poin.

"Pasar Aussie tidak mampu mempertahankan momentum positif kemarin dengan saham lokal kembali turun pada Rabu," kata analis pasar Commsec, James Tao.

"Investor (tetap) berhati-hati terhadap dampak ekonomi potensial terhadap ekonomi global yang disebabkan oleh penyebaran virus corona, bahkan ketika bank sentral di seluruh dunia berupaya merangsang ekonomi melalui penurunan suku bunga."

Pemangkasan suku bunga oleh bank sentral negara itu pada Selasa (3/3/2020) membantu CSL menggulung Commonwealth Bank untuk posisi perusahaan terbesar Australia, dengan kapitalisasi pasar di bawah 140 miliar dolar Australia (92 miliar dolar AS).

Pada siang hari, saham teknologi adalah hambatan terbesar di pasar menyusul kerugian pada teknologi berat Nasdaq di Amerika Serikat.

Sektor keuangan, perawatan kesehatan dan energi juga sangat terpukul, sementara material berhasil ditutup sedikit lebih tinggi.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia tenggelam dengan Commonwealth Bank turun 2,53 persen, ANZ turun 3,29 persen, National Australia Bank turun 3,69 persen dan Westpac Bank turun 3,10 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 1,35 persen, penambang emas Newcrest naik 3,65 persen dan Fortescue Metals naik 0,85 persen, namun BHP turun 0,97 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas anjlok dengan Oil Search turun 2,95 persen, Santos turun 1,86 persen dan Woodside Petroleum turun 3,35 persen.

Supermarket terbesar Australia beragam dengan Coles naik 1,26 persen, dan Woolworths turun 2,53 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,57 persen, maskapai nasional Qantas merosot 3,06 persen dan perusahaan biomedis CSL jatuh 2,19 persen.

Baca juga: Saham Aussie malah merosot setelah bank sentral pangkas suku bunga
Baca juga: Pasar saham Aussie terangkat setelah penurunan beruntun 7 hari

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar