Kami punya komitmen untuk menjadi anggota DPR RI saja, dan meminta partai memilih orang yang lebih baik daripada dirinya untuk diusung maju
Padang, (ANTARA) - Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade menyatakan partai akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Sumbar 2020 pada pekan depan.

"Sepulang Andre Rosiade reses minggu depan akan kita umumkan," kata dia saat mengunjungi Universitas Dharma Andalas di Padang, Sabtu.

Menurut dia saat ini sejumlah tokoh sudah mendaftarkan diri kepada partai yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumatera Barat mulai dari kader mereka yakni Nasrul Abit yang juga Wakil Gubernur Sumbar, Bupati Agam Indra Catri serta anggota DPR RI Mulyadi yang juga Ketua Partai Demokrat Sumbar.

Baca juga: Polda Sumbar lanjutkan proses hukum kasus prostitusi daring di Padang

Terkait nama Andre yang muncul dalam berbagai survei, ia menegaskan tidak akan berpartisipasi dalam Pilkada 2020 karena dirinya ingin menuntaskan amanah yang diberikan masyarakat Sumbar .

"Saya ingin fokus bekerja menyelesaikan amanah sebagai anggota DPR RI yang memberikan manfaat kepada masyarakat Sumbar. Saya ingin membalas kepercayaan masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada saya,” ucap dia.

Ia mengaku DPP Partai telah menawarkan kepada dirinya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat, namun dirinya berhasil meyakinkan partai agar tetap duduk di Senayan.

"Kami punya komitmen untuk menjadi anggota DPR RI saja, dan meminta partai memilih orang yang lebih baik daripada dirinya untuk diusung maju," katanya.

Baca juga: Gerindra Sumbar panaskan mesin partai jelang Pilkada

Menurut dia, semua ini tergantung ambisi ingin meraih kekuasaan, dan jangan ada tokoh yang beralasan maju sebagai kepala daerah karena perintah partai.

"Saya diperintahkan partai, namun karena janji dengan masyarakat selama lima tahun saya tetap menjadi anggota DPR RI. Semua berpeluang pada ambisi saja," tutur dia.

Partai Gerindra sendiri dapat mengusung pasangan kepala daerah di Pilkada Sumbar karena jumlah kursinya melebihi syarat dukungan yakni 20 persen kursi di DPRD Sumbar minimal 13 kursi dari 65 kursi yang ada.

Baca juga: Menebak arah hati Rosiade

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020