KAI kembali sosialisasi pencegahan COVID-19 di Stasiun Pasar Senen

id Corona, covid 19,jakarta

Petugas KAI memberikan cairan pembersih tangan kepada penumpang di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menyosialisasikan pencegahan COVID 19 kepada para penumpangnya di Stasiun Pasar Senen dengan mengedukasi etika batuk serta membagikan masker dan cairan pembersih tangan.

"Ini sosialisasi untuk pencegahan dari penyebaran COVID 19 di wilayah DAOP 1 Jakarta di stasiun Senen. Jadi kita lanjutkan sosialisasi kepada para calon penumpang kereta api," kata Executive Vice President II DAOP 1 Jakarta Takdir Santoso disela- sela kegiatan sosialisasi kepada para penumpangnya di Stasiun Pasar Senen, Senin.

Tidak hanya membagikan masker, cairan pencuci tangan, serta membagikan edukasi tentang etika batuk dan bersin, PT KAI juga melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan termometer berteknologi inframerah (infrared).

Spanduk serta brosur mengenai COVID-19 juga turut dipasang dan disebarkan kepada para penumpang sehingga masing-masing penumpang setidaknya memiliki pedoman terkait penyakit yang berasal dari negara tirai bambu itu.

Baca juga: Anggota DPR ingatkan COVID-19 jangan sampai sebabkan PHK

Lebih lanjut, PT KAI juga menyediakan layanan klinik kesehatan baik yang ada di masing- masing stasiun maupun layanan yang dinamis bagi para penumpang yang membutuhkan layanan untuk mengecek kondisi kesehatan.

"Tiap stasiun ada klinik kesehatan. Kalau yang dinamis kita ada 'rail clinic'," kata Takdir.

Senior Manager Unit Kesehatan KAI DAOP 1 Jakarta Listyowati mengatakan dari seluruh layanan klinik di setiap stasiun, hingga saat ini belum ditemukan penumpang yang memiliki gejala atau pun tanda terinfeksi COVID-19.

"Sampai saat ini, sejauh ini belum ada. Hanya flu ringan," kata Listyowati.

Selain upaya pencegahan melalui sosialisasi, Takdir mengatakan KAI juga melakukan prosedur pembersihan kereta pada awal sebelum dan sesudah melakukan perjalanan.

Baca juga: Kasus 01 dan 02 COVID-19 alami tekanan psikologi

"Kita juga bersihkan kereta dengan cairan disinfektan untuk mencegahnya. Periodenya setiap sampai dan sebelum berangkat, kita bersihkan," kata Takdir.

Sebelumnya, PT KAI telah melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 di Stasiun Senen pada 29- 31 Januari 2020.

Hingga saat ini terkonfirmasi sebanyak 6 orang dinyatakan positif COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan RI.

Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi pencegahannya kembali dilakukan oleh PT KAI di Stasiun Pasar Senen.

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar