Polrestabes Surabaya deklarasi "Jogo Suroboyo" serukan Pilkada damai

id Jogo Suroboyo, deklarasi damai Pilkada, Pilkada damai Surabaya, Pilkada Damai di Surabaya, Polrestabes Surabaya

Deklarasi "Jogo Suroboyo" untuk Pilkada Surabaya damai di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (10/3). (ANTARA Jatim/ Didik Suhartono)

Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menyerukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di wilayah kota setempat damai, dengan mengajak sejumlah tokoh dari berbagai elemen masyarakat mendeklarasikan "Jogo Suroboyo".

"Kami mengajak komponen masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mengelola dengan baik sehingga Pilkada di kota ini berjalan lancar,” ujar Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sandi Nugroho saat memimpin deklarasi "Jogo Suroboyo" untuk Pilkada Surabaya damai di Surabaya, Selasa.

Kota Surabaya, lanjut dia, harus menjadi jadi role model Pilkada damai di Indonesia.

Baca juga: Ketua DPRD bersama ormas sepakat kampanye "Jogo Surabaya"

"Sehatnya demokrasi di Surabaya dilihat dari guyubnya warga. Saya mengapresiasi semua lini masyarakat yang hari ini berkomitmen menjaga Kota Surabaya," tuturnya.

Tidak hanya elemen masyarakat yang menghadiri Deklarasi Pilkada Surabaya Damai tersebut, melainkan juga dari unsur pemerintahan, seperti Pemerintah Kota, Kejaksaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Surabaya.

"Tanpa bantuan dari semua pihak, Pilkada Surabaya damai tidak bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengapresiasi Deklarasi Pilkada Surabaya Damai yang digagas Polrestabes Surabaya. Menurutnya apa yang menjadi gagasan bersama bisa menjadi gayung bersambut.

Baca juga: Aplikasi "Jogo Suroboyo" sudah diunduh lebih dari 3.000 pengguna

"Pemilihan umum tujuan akhirnya adalah untuk menyejahterahkan kehidupan rakyat. Kalau kemudian dampaknya distruktif, itu tidak menjadi tujuan. Sangat luar biasa inisiasi dari Kapolrestabes Surabaya, ini pintu awal menegakkan demokrasi," ujarnya.

Senada, Komisioner Bawaslu Surabaya Usman menyatakan dalam waktu dekat juga akan menggelar deklarasi serupa.

"Ini menjadi bagian dari tahapan penyelenggaraan Pilkada. Dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan deklarasi Pilkada Surabaya damai, yang diikuti sosialisasi di tingkat kelurahan," ucapnya.

Baca juga: Jaga Surabaya tak sekadar slogan

Pewarta : A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar