Wamen BUMN: RS Pertamina disiapkan jadi sentra isolasi Corona

id Rumah Sakit BUMN ,wamen bumn,Kartika Wirjoatmodjo,wabah virus corona,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Wamen BUMN: RS Pertamina disiapkan jadi sentra isolasi Corona

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. ANTARA/Citro Atmoko

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan kesiapan rumah sakit-rumah sakit BUMN untuk menghadapi wabah Virus Corona baru atau COVID 19, termasuk menjadikan Rumah Sakit Pertamina di Cempaka Putih, Jakarta, sebagai pusat ruang isolasi.

"Kalau kita sudah siap. Jadi kita siapkan rumah sakit-rumah sakit BUMN yang memiliki ruang isolasi," ujar Kartika Wirjoatmodjo di Tangerang, Banten pada Rabu.

Selain itu dia juga menambahkan bahwa Kementerian BUMN saat ini sedang mempersiapkan Rumah Sakit Pertamina yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta, untuk menjadi sentra bagi ruang isolasi.

"Termasuk kemungkinan juga Hotel Patra Jasa di sebelah rumah sakit tersebut yang akan kita gunakan sebagai ruang isolasi, seandainya diperlukan," katanya di sela-sela peninjauan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelumnya Direktur Utama Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) selaku operator jaringan rumah sakit BUMN mengatakan pihaknya sudah menyiapkan fasilitas pendukung penanganan kasus infeksi Virus Corona baru penyebab COVID-19.

Di samping itu, dalam upaya mendukung pencegahan penularan Virus Corona, BUMN sektor farmasi seperti Bio Farma memulai penelitian untuk menemukan vaksin Corona, BUMN sektor gerbang seperti Angkasa Pura I dan II menyediakan area parkir terisolasi bagi pesawat-pesawat yang tiba dari negara-negara tempat wabah Corona, dan BUMN sektor transportasi seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengaktifkan kereta klinik dan kereta inspeksi di sejumlah rute.

Baca juga: Pertamedika IHC siapkan tim siaga COVID-19

Baca juga: Pertamedika IHC memulai inovasi untuk sistem pelacakan cepat COVID-19

 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar