Pelindo III bersih-bersih pelabuhan antisipasi penyebaran corona

id Pelindo III, Gapura Surya, Bersih-bersih Pelabuhan, Bersih-bersih corona, COVID-19

Ilustrasi. Sejumlah penumpang menolak mengisi health alert cart yang diberikan oleh petugas medis (kiri) di pintu masuk terminal kedatangan Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc.

Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melakukan bersih-bersih pelabuhan di wilayah perusahaan setempat sebagai antisipasi meningkatnya kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Toto Heliyanto di Surabaya, Jumat mengatakan gerakan bersih-bersih dilakukan serempak di seluruh kantor operasional Pelindo III di empat regional yaitu Jatim, Jateng, Kalimantan dan Bali-Nusra merupakan upaya perusahaan menekan resiko penularan virus corona.

"Terlebih Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu keluar dan masuk penumpang dari berbagai daerah. Dan kegiatan ini, diharapkan menekan penyebaran virus tersebut," kata Toto, dalam keterangan persnya.

Bersih-bersih, kata Toto, dilakukan sejak hari ini dan akan terus dilakukan rutin setiap hari, dengan koordinasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan, ditambah menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang.

"Dengan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan, kami bersama para petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan,TNI-POLRI hingga sejumlah pegawai Pelindo III menyisir sejumlah lokasi terminal penumpang salah satunya Gapura Surya Nusantara yang memiliki resiko penularan virus corona," katanya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum yang turut dalam kegiatan itu menyambut positif kegiatan tersebut, dan Polres Tanjung Perak mendukung penuh dengan menugaskan anggotanya untuk turut serta mengantisipasi penyebaran virus corona di sejumlah area vital.

"Kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak merasa senang bisa turut berkontribusi dalam kegiatan bersih-bersih kali ini terutama yang digelar di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan wilayah kerja kami juga, nantinya kami rutin akan mendukung aktifitas ini dengan menugaskan anggota kami untuk rutin ikut kegiatan tersebut karena kita sadar upaya menekan wabah virus corona ini harus dilakukan bersama-sama," kata Ganis.

Sementara itu, Gapura Surya Nusantara merupakan salah satu terminal penumpang kapal laut modern yang dilengkapi dengan 2 unit garbarata, dan Pelindo III telah melayani 3,6 juta penumpang ditahun 2019.

Saat ini, pihak Pelindo III juga melakukan langkah preventif lainya seperti pemeriksaan suhu tubuh pada seluruh pegawai sebelum melakukan aktivitas, dan menyiagakan petugas kesehatan untuk memberikan penanganan pertama sesuai SOP yang berlaku jika ditemukan suspect virus corona.

Baca juga: Dokter imbau masyarakat tidak sembarangan buang masker
Baca juga: Perhimpunan rumah sakit: Pasien COVID-19 kabur harus dicari

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar