Jakarta (ANTARA) - Kapal KRI Semarang-594 yang membawa sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) World Dream telah tiba di pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan pantauan ANTARA, KRI Semarang-594 tiba sekitar pukul 11.30 WIB. Sejumlah personel keamanan dari TNI juga terlihat sudah bersiap menyambut kedatangan dari kapal tersebut.

Petugas awak kapal membuang sauh (alat berat) dari kapal sekira pukul 11.34 WIB. Sementara, sejumlah ABK World Dream beserta petugas pendamping pun terlihat tengah menanti untuk segera turun dari kapal.

Pagi tadi, kapal KRI Semarang-594 berangkat dari perairan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu sekira pukul 08.00 WIB.

Dilaporkan bahwa Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ikut dalam perjalanan kapal tersebut.

Sesuai rencana, Yudo akan menyerahkan secara resmi para ABK itu kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi.

Para ABK yang berada di dalam kapal tersebut terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan.

Seluruhnya dilaporkan telah menyelesaikan proses observasi sejak Jumat (28/2) hingga Jumat (13/3) atau selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil.

Selain itu, turut bersama mereka 67 petugas pendamping kesehatan dalam proses observasi para ABK tersebut.

Baca juga: KRI Semarang bawa ABK World Dream menuju Tanjung Priok

Baca juga: Panglima Kogasgabpad pantau pemindahan ABK World Dream

Baca juga: 188 ABK World Dream mulai dikeluarkan dari Pulau Sebaru

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020