BNPP gelar Gerbangdutas 2020 di Anambas

id Gerbangdutas,BNPP

BNPP gelar Gerbangdutas 2020 di Anambas

Pemerintah memberikan bantuan dana perbaikan kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangkaian Gerbangdutas 2020, di Anambas, Senin, (16/3/2020) (Boyke Ledy Watra)

Anambas (ANTARA) - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

"Anambas dipilih sebagai lokasi Gerbangdutas 2020 dengan pertimbangan karena kabupaten ini adalah salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Thailand dan Vietnam, serta termasuk lokasi pembangunan prioritas kawasan perbatasan negara dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024,” kata Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro di Anambas, Senin.

Percepatan pembangunan melalui program terintegrasi di Gerbangdutas, menurut dia dimulai sejak 2011, pada 2020 ini merupakan penyelenggaraan tahun kesembilan.

Baca juga: BNPP usulkan pembuatan Perpres pembangunan wilayah perbatasan
Baca juga: Mendagri minta perbatasan menjadi jembatan dan peluang sumber daya

Melalui percepatan tersebut, kata Suhajar, infrastuktur di perbatasan negara sudah semakin membaik, yang menunjukkan bahwa perbatasan adalah beranda depan dari negara.

"Misalnya, 2.000 kilometer lebih jalan paralel perbatasan di Kalimantan-Malaysia selesai, tinggal sekitar 200 kilometer yang belum selesai, Papua Nugini itu 875 kilometer, Alhamdulillah tinggal 170 KM yang belum selesai," kata dia.

Tidak hanya jalan, Suhajar mengatakan pembangunan juga diintensifkan dalam bentuk sarana prasarana lainnya yang bertujuan untuk membebaskan daerah perbatasan dari keterpencilan.

"Infrastruktur membuka keterpencilan menjadi prioritas pertama bagi kecamatan-kecamatan di perbatasan negara yang berada pada koridor pemerataan, seperti, jembatan, pelabuhan, dermaga untuk pulau-pulau, lapangan terbang perintis untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau," ucapnya.

Pelaksanaan Gerbangdutas itu menurut dia merupakan bagian implementasi UU Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara dengan mengamanatkan kepada BNPP terkait tugas penetapan kebijakan program pembangunan perbatasan.

"Pemerintah melalui tugas BNPP berupaya mendorong K/L dan Pemda terus mempercepat pembangunan perbatasan negara dan mengurangi kesenjangan antar wilayah," ujarnya.

Selain Gerbangdutas, pada 2020 ini, pemerintah juga akan menyelesaikan 10 koordinat batas dengan negara lainnya, satu di antaranya ada di Serasan Kepulauan Riau.

Baca juga: Wiranto canangkan Gerbangdutas di Morotai
Baca juga: Pemerintah prioritaskan 222 wilayah perbatasan sampai 2024


Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar