Jakarta (ANTARA/JACX) - Baru-baru ini beredar narasi di Facebook yang menyatakan ada seorang lagi menteri kabinet Jokowi yang positif menderita COVID-19.

Dalam unggahannya, pemilik akun juga menyematkan sebuah artikel berjudul "Menteri Nadine Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri".

Hingga Selasa (17/3), tampak kiriman itu telah mendapatan 23 komentar, disukai oleh 64 orang, dan dibagikan ulang sebanyak 23 kali.

Namun, benarkah narasi yang diunggah tersebut?
 
Tangkapan layar hoaks soal Kabinet Jokowi (Facebook.com)

Penjelasan:
Penelusuran ANTARA menemukan bahwa artikel berjudul "Menteri Nadine Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri" memang benar ada, dan merupakan sebuah berita milik salah satu media nasional yang disiarkan pada Rabu (11/3).

Dalam berita tersebut, dijelaskan bahwa Menteri Nadine Dorries, yang dinyatakan positif virus corona, merupakan Menteri Kesehatan Inggris, bukan menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi, sebagaimana dinarasikan pengguna di media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut. 

Pemberitaan di sejumlah media arus utama pun memperlihatkan, hingga Selasa (17/3) ini hanya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa narasi yang beredar di Facebook tersebut memuat informasi yang tidak benar atau hoaks.

Klaim     : Satu lagi menteri Kabinet Jokowi positif terpapar COVID-19
Rating   : Salah/Disinformasi

Baca juga: Menteri Muda Kesehatan Inggris Dorries positif corona
Baca juga: Menhub dalam kondisi bagus selama perawatan COVID-19

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2020