Kita akan tetap berusaha melakukan berbagai upaya dalam menangani wabah corona ini
Tasikmalaya (ANTARA) - Satu orang positif terjangkit COVID-19 setelah menjalani beberapa tes hingga harus mendapatkan penanganan medis di salah satu rumah sakit di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Hasil lab dari Bandung, satu sudah confirm (positif) corona," kata Wali Kota Tasikmakaya Budi Budiman saat jumpa pers di Balai Kota Tasikmalaya, Rabu.

Baca juga: Hasil tes cepat, 25 senior Hipmi Jabar negatif COVID-19

Ia menuturkan Pemerintah Kota Tasikmalaya telah mengkonfirmasi terkait status pasien positif itu sehingga menjadi perhatian pemerintah daerah untuk menangani pasien secara serius dan meningkatkan kewaspadaan.

Kondisi pasien saat ini, kata dia, dalam keadaan baik menjalani perawatan medis secara intensif di salah satu rumah sakit di Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Sudah tiga orang meninggal dunia karena Corona baru di Sumut

Pemkot Tasikmalaya, lanjut dia, masih berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan dalam menangani pasien positif corona itu, jika rumah sakit rujukan penuh maka akan ditangani di Kota Tasikmalaya.

Baca juga: "Ngunduh mantu" di Kalikajar dibatalkan, antisipasi COVID-19

"Kita akan tetap berusaha melakukan berbagai upaya dalam menangani wabah corona ini," kata Budi.

Ia mengungkapkan sebelumnya tim medis dari Pemkot Tasikmalaya memeriksa lima pasien untuk dites kesehatannya di rumah sakit di Bandung, hasilnya dua orang negatif, satu orang positif dan dua orang lagi belum diketahui hasilnya.

Selain itu, lanjut Budi, tercatat hingga Rabu terdapat 116 orang dalam pemantauan (ODP) dan 10 pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Tasikmalaya, satu PDP sudah sembuh dan diperbolehkan pulang.

Budi mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan lingkungan serta mengikuti arahan pemerintah dengan diam di rumah dan rajin mencuci tangan.

"Jaga kondisi kesehatan, ini bukan main-main, semua harus ikuti arahan pemerintah," kata Budi.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020