Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Tbk akan membagikan 200 modem gratis untuk memudahkan para calon wanita wirausaha memasarkan produk dan jasanya melalui akses internet.

"Ini akan membuat ibu-ibu untuk memulai usahanya. Mereka tidak perlu meninggalkan rumah tetapi tetap bisa berusaha dengan akses internet," kata Deputi Eksekutif General Manager PT Telkom Tbk Divisi Regional II Jakarta, Badriyanto, pada konferensi pers Seminar Wanita Wirausaha Femina di Jakarta, Jumat.

Tidak hanya membagikan modem gratis. Ia mengatakan, Telkom juga dengan sukarela membantu kaum ibu untuk belajar mengakses internet, membuat blog, hingga menciptakan promosinya sendiri melalui dunia virtual.

Melalui 163 "Broadband Learner Center" (BLC) yang disediakan oleh Telkom Divisi Regional II yang mencakup Jabodetabek, ia mengatakan, siapa saja dapat belajar untuk mengakses internet di kantor-kantor perusahaan telekomunikasi ini secara gratis.

Bahkan, menurut dia, BUMN Telekomunikasi ini juga telah memiliki BLC on air yang datang menghampiri para ibu di tingkat rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT). "Di Jakarta Pusat semua kecamatan sudah kami datangi dan kami pasangi `hot spot`".

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mensosialisasikan penggunaan internet di masyarakat, termasuk kepada ibu rumah tangga. Diharapkan, para ibu dapat mengajarkan kepada anak-anaknya, sehingga terjadi proses transfer ilmu dalam keluarga.

Selain itu, para ibu dapat memulai promosi usaha tanpa perlu meninggalkan rumah. Sehingga pada akhirnya kegiatan mengakses internet di rumah masing-masing mampu menciptakan sumber pendapatan bagi perekonomian keluarga.

Karena itu, ia mengatakan, sangat tepat apabila para ibu menjadi target dari penciptaan wirausaha baru yang diadakan majalah Femina dan PT BNI Tbk di sembilan provinsi.

Sementara itu, Senior Vice President Grup Femina, Svida Alisjahbana, mengatakan, kegiatan seminar, workshop, hingga lomba bagi calon wanita wirausaha yang dilakukan bersama BNI dan Telkom diharapkan dapat memunculkan para wirausaha baru dalam masa krisis ini.

Ia berharap para ibu benar-benar dapat "melek internet" dalam arti sebenarnya, tidak sekedar mengetahui cara ber-facebook-ria tetapi juga memanfaatkannya sebagai ruang promosi yang mampu menjangkau seluruh kalangan di berbagai pelosok dunia.

Telkom sendiri akan memberikan modem gratis kepada 200 calon wanita wirausaha yang mengikuti Seminar Wanita Wirausaha Femina yang akan dilaksanakan di Balai Kartini pada 18 April 2009. Rencananya, seminar yang juga didukung oleh Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah tersebut akan dibuka langsung oleh Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Suryadharma Ali.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009